Timnas U-16 Indonesia Bawa Pulang Piala Lagi

JAKARTA – Timnas U-16 Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Setelah awal tahun ini menyabet juara dalam Turnamen Tien Phong di Vietnam, kali ini Garuda Asia –julukan timnas U-16– berhasil menjuarai Turnamen Jenesys 2018 di Jepang.

Mereka keluar sebagai juara setelah mengalahkan Vietnam 1-0 dalam final di Lapangan Kirishima Yamazakura Miyazaki Prefectural Comprehensive Sports Park. Gol kemenangan yang mengantarkan Indonesia juara dicetak Rendy Juliansyah dari titik putih pada menit ke-61.

Kemenangan itu melengkapi performa hebat pasukan asuhan Fakhri Husaini itu. Mereka tidak terkalahkan serta mencetak 14 gol dan kebobolan satu gol dari tiga pertandingan. Selain itu, salah seorang pemainnya, David Maulana, menyabet predikat pemain terbaik.

Pelatih timnas U-16 Fakhri Husaini mengatakan, hasil tersebut memang layak didapat anak asuhnya. Kerja keras yang dilakukan beberapa bulan terakhir dalam pemusatan latihan akhirnya membuahkan hasil. “Mental pemain juga bagus. Tidak ada takutnya, nama besar seperti Jepang pun dilawan dengan gagah berani,” ujarnya.

Sebelum mencapai final, timnas U-16 mengalahkan Filipina 7-1 dan Kamboja 5-0 dalam fase grup. Kemudian, tuan rumah Jepang ditundukkan 1-0 pada semifinal.

Meski juara, Fakhri mengatakan tetap melakukan evaluasi. Sebab, turnamen itu hanyalah pijakan menuju Piala AFF U-16 2018 dan Piala Asia U-16 2018. “Kami ingin lolos ke Piala Dunia U-17 2019 mendatang. Tapi, tentu syaratnya adalah lolos ke semi-final Piala Asia (U-16),” ucap pelatih 52 tahun itu. (rid/ham/ign)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan