Tiga Kapolres Dirotasi

257

SUMEDANG – Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto merotasi tiga Kapolres di jajaran Polda Jabar, di Mako Sat Brimob Polda Jabar, Cikeruh Kabupaten Sumedang kemarin (20/4).

Ketiga Kapolres yang dirotasi itu, yakni Sumedang dari AKBP Hari Brata ke AKBP Hartoyo, Cirebon diserahterimakan dari AKBP Risto Samodra ke AKBP Suhermanto dan Kuningan dari AKBP Yuldi Yusman, ke AKBP Iman Setiawan. Selain tiga Kapolres Kapolda Jabar juga melakukan serahterima jabatan Kasat Brimob Jabar dari Kombes Pol Puji Santoso ke Kombes Pol Arif Budiman.

Pada kesempatan itu, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto mengingatkan menghadapi tahun politik merupakan tantangan tersendiri bagi kepolisian. Tertutama untuk menunjukkan profesionalisme Polri sebagai alat negara dalam mengamankan Pilkada Serentak 2018, tahapan Pemilu 2019, Asian Games 2018, Hari Buruh atau May Day, menjelang bulan puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2018.

”Sehingga membutuhkan keseriusan dan tanggungjawab semua dalam memeliharaan Kamtibmas, penegakkan hukum serta memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat,” kata Agung saat serah terima jabatan, kemarin.

Selain itu Agung juga menyoroti situasi Kamtibmas di era milenial ini. Sebutnya dimensi ancaman dan gangguan keamanan dari waktu ke waktu kian berkembang, dengan beragam risiko dan dampak yang ditimbulkan.

”Perkembangan lingkungan strategis belakangan ini, berpotensi terhadap munculnya berbagai bentuk ancaman dan gangguan terhadap situasi keamanan dalam negeri. Seperti kejahatan curas, curat, curanmor, penyalagunaan narkoba, miras oplosan, zat adiktif, tindak pidana pemilihan, premanisme, perampokan, pembunuhan, korupsi dan kekerasan terhadap anak,” sambungnya.

Di tempat sama AKBP Hartoyo yang menggantikan Kapolres Sumedang AKBP Hari Brata, menyebutkan akan melanjutkan kebijakan kebijakan yang sudah dilakukan Kapolres sebelumnya.

”Intinya, sebagai pejabat yang baru tetap mengikuti kebijakan yang sudah dilakukan kapolres sebelumnya, tentunya harus terus ditingkatkan,” terang Hartoyo kepada Sumeks (Jabar Ekspres Group) usai serah terima jabatan, kemarin.

Selain itu, pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan silaturahmi dengan tokoh ulama, masyarakat, pemuda serta seluruh unsur lainnya di Kabupaten Sumedang. Dengan harapan, tetap menjaga situasi kamtibmas di Kabupaten Sumedang.

Menurutnya, jelang pilkada yang akan berlangsung tahun ini, tentunya sangat berharap aman dan kondusif. ”Sambil berjalan, kita akan lakukan evaluasi. Mana yang perlu ditingkatkan lagi terkait situasi kamtibmas di Sumedang,” ucapnya.

Meskipun begitu, kata Hartoyo, sesuai dengan data yang ada, tingkat kerawanan aksi tindak kriminal masih didominasi aksi curanmor roda dua dan roda empat. ”Wilayah yang dianggap rawan aksi kejahatan curanmor di antaranya Jatinangor dan Cimanggung,” terangnya.

Selain itu, soal narkoba dari tahun ke tahun trendnya naik. Petugas tetap memprioritaskan juga dalam penegakan hokum. Dan soal miras, sesuai intruksi dari wakapolri yang secara kebetulan saat ini menjelang Ramadan, setiap hari dan setiap saat harus terus di lakukan penertiban.

”Ada langkah penindakan bagi mereka yang mengedarkan miras illegal, terutama yang oplosan yang sudah banyak memakan korban jiwa. Saya intruksikan kepada seluruh jajaran, polsek harus selalu dan tiap hari lakukan razia miras,” pungkasnya. (kos/yul/ign)

BAGIKAN

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.