Tidak Fokus Penyebab Kecelakaan Pemudik

36

BANDUNG – Menyikapi banyaknya pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua Bikers Brotherhood Motorcycle Club (BBMC) menyarankan agar berhati-hati selama melakukan perjalanan.

El Presidente BBMC Pegi Diar mengatakan, sepanjang tahun sepeda motor selalu mendominasi jalan raya. Bahkan, mengakibatkan sejumlah kecelakaan terbanyak.

Untuk itu, di hari jadinya yang ke 30, BBMC memberikan tips dan trik kepada para pemudik agar dapat meminimalisir terjadinya kecelakaan di jalan.

Menurutnya, pertama dan utama adalah Safety Riding dengan mengenakan pakaian dan perlengkapan keselamatan berkendara.

“Yang jelas helm berstandar SNI sarung tangan dan sepatu merupakan perlenkapan wajib bagi pengendara motor,”jelas Pegi ketika ditemui Rabu (13/6).

Selain itu, kedua adalah pengecekan pada kendaraan mulai kondisi mesin, lampu, rem oli, ketebalan ban dan kelistrikan. Sehingga, jangan paksakan menggunakan motor dalam kondisi tidak sehat.

” Tidak kalah penting adalah jaga kondisi fisik, jika memungkinkan dalam berkendara sepeda dua jam sekali istirahat,” ucapnya.

Pegi menilai, dalam kondisi mudik jalanan yang ramai, serta kondisi sedang puasa tak jarang pengendara kehilangan fokus. Maka untuk memulihkan konsentrasi pemudik dianjurkan beristirahat.

“Jangan sampai bekendara dalam kondisi yang tidak sehat dan tidak cukup istirahat, itu bisa membahayakan pengendara sendiri dan pengendara lain terlebih menggunakan motor besar yang memerlukan tenaga cukup,” pungkas Pegi. (yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.