Tidak Bangun Skywalk untuk PKL Cicadas

BANDUNG – Rencana pembangunan teras Cicadas (Skywalk) untuk menampung Pedagang Kaki Lima (PKL) akhirnya dibatalkan oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial.

Dia mengatakan, pembatalan dilakukan karena proyek tidak jadi dimasukan kedalam APBD 2018. Padahal, proyek Teras Cicadas akan dibangun pada September 2018.

Oded mengatakan, usulan pembangunan teras Cicadas ini banyak pro dan kontra baik dimasyarakat maupun kalangan dewan. Bahkan, dari segi anggaran dinilai terlalu besar dan tidak bisa dimasukan pada APBD murni 2018.

“itu sudah didebatkan dari segi anggaran, sudah tidak masuk waktu di APBD 2018 murni, itu sudah tidak ada, kayanya enggak jadi,” kata Oded saat ditemui di kantor PDAM Tirtawening, belum lama ini.

Oded menyebutkan, rencananya anggaran yang akan dialokasikan untuk teras Cicadas sebesar Rp 80 miliar. Namun, rencana tersebut urung dilakukan dan tidak dimasukan pada APBD 2018.

Untuk menertibkan PKL, lanjut Oded akan menggunakan pendekatan kepada para PKL Cicadas agar mau ditata sesuai dengan nilai-nilai estetika kota.

“Kang Yana sebagai Satgasus PKL sudah melakukan pendekatan lagi dengan PKL (Cicadas) untuk penataan,” ucap dia.

Oded menuturkan, konsep penataan PKL merupakan cara terbaik untuk mengajak para PKL bersikap tertib. Namun, untuk pelaksanaannya nantinya akan dilakukan pembinaan kepada para pedagang.

Selain itu, untuk menjaga estetika keindahan rencanannya tenda-tenda pedagang akan diganti dengan yang lebih baik. Sehingga, nantinya akan memberikan ruang trotoar bagi para pejalan kaki.

“Saya minta ke Kang Yana sesuai dari awal kita penataan dulu tenda-tendanya yang sudah kumuh, itu jangka pendeknya. Kalau jangka panjangnya tetap relokasi,” jelasnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan