Tetap Latihan, Persebaya Alihkan Fokus ke Madura

PENUNDAAN pertandingan melawan Persib Bandung (19/5) tidak membuat Persebaya Surabaya kehilangan fokus. Tim berjuluk Green Force itu langsung bersiap untuk pertandingan melawan tuan rumah Madura United pada pekan kesepuluh di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan (25/5).

Meski pertandingan masih lama dan situasi di Surabaya sedang tidak kondusif, tapi pelatih Angel Alfredo Vera memutuskan tetap menjalankan program latihan seperti biasanya. ”Kami terus berlatih. Tak boleh berhenti. Kami harus menjaga kondisi pemain,” ujarnya.

Soal penundaan pertandingan sehingga membuat waktu istirahat menjadi lebih panjang, tidak dinilai Alfredo sebagai keuntungan. ”Sama saja. Tak ada rugi atau untung. Yang jelas saya akan fokus ke Madura (United),” tambahnya.

Kalau melihat banyaknya pemain kurang fit di Persebaya, penundaan laga melawan Persib cukup menguntungkan mereka. Sebab, beberapa pemain yang kurang fit bisa mendapatkan kesempatan tambahan untuk memulihkan diri.

Dalam latihan kemarin di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, ada dua pemain yang absen, yakni Nelson Alom dan Ruben Sanadi. Nelson cedera hamstring saat melawan Borneo FC (11/5), sedangkan Ruben sedang sakit. ”Saya belum tahu apakah bisa (tampil lawan Madura). Saya harus bertanya kepada dokter tim dulu. Pastikan dulu kondisinya,” jelas Alfredo.

Ketika Nelson dan Ruben absen, Alfredo mendapatkan kabar baik dengan pulihnya Otavio Dutra. Bek asal Brasil itu telah bergabung latihan rutin kemarin. Hanya, pemain berusia 35 tahun itu belum berlatih penuh.

Dutra masih melakoni latihan secara terpisah. Dalam latihan itu, mantan penggawa Bhayangkara FC itu melakukan beberapa gerakan lari zig-zag. Selain itu, Dutra juga sudah mulai berlatih menendang dan mengontrol bola.

”Saya belum tahu kondisi pastinya seperti apa. Dia masih latihan terpisah. Untuk kepastian tampil, kami akan konsultasi dulu dengan tim dokter,” kata mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

Sebelum cedera, Dutra tak tergantikan di jantung pertahanan Persebaya. Dia selalu tampil sebagai starter dalam tiga laga awal. Termasuk saat mendapat cedera kontra Barito Putera (8/4). Total, Dutra sudah mencatatkan empat intersep dan 11 sapuan selama 204 menit di lapangan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan