Teladani Ahlak dan Sikap Nabi

BANDUNG – Ketika mem­peringati hari kelahiran nabi Muhammad SAW Wa­li Kota Bandung mengajak kepada seluruh umat mus­lim untuk meneladani sikap Rasullah.

Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengungkapkan, umat Islam harus memaknai peristiwa tersebut dengan meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad. Rasul Allah yang mulia ini dikenal me­miliki akhlak luhur, baik kepada sesama manusia maupun kepada makhluk Tuhan lainnya, seperti hewan dan tumbuhan.

Nabi Muhammad menga­jarkan kasih sayang dan per­damaian. Ia mencontohkan, manusia harus saling memaaf­kan dan tolong menolong dalam kebaikan.

“Spirit keteladanan Ra­sulullah SAW ini yang ha­rus kita lakukan,” tutur Oded saat ditemui usai membuka acara pelatihan koperasi bagi Kelompok Kerja Majelis Taklim (KK­MT) Kota Bandung di Ho­tel Asrilia, kemarin (20/11).

Menurutnya, dalam salah satu hadist diriwayatkan bagaimana seharusnya umat Islam mencintai Rasulnya.

“Islam mengajarkan bahwa ‘Katakan Muhammad ke­pada umatmu, kalau umat­mu mencintai Allah maka cukup umatmu mencintai Rasulullah’,” tutur Oded.

Oleh karena itu, Oded berharap umat Muslim di Kota Bandung agar senan­tiasa meneladani sifat-sifat Muhammad dalam kese­harian. Sebab, Nabi Muham­mad adalah sebaik-baiknya teladan umat manusia.

“Jadi memaknai maulid nabi itu, saya mengimbau bahwa umat Islam harus mencintai rasul dengan meneladaninya,” kata Oded. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan