Tanam Pohon dan Tebar Ikan di Lahan Kawasan Punclut

BANDUNG – Wali Kota Bandung, Oded M. Danial menanam pohon produktif dan rumput Vetiver di Lapang Dengdek, Jalan Bukit Raya, Kota Bandung, Kamis (06/12/2018). wilayah Punclut dipilih karena kawasan ter­sebut merupakan konser­vasi air.

Pemkot Bandung melalui Dispangtan menanam seki­tar 1500 pohon. Di antaranya, rambutan 500 pohon, jambu air 300 pohon, nangka 300 pohon, jambu bol 300 pohon, dan mangga 100 pohon. Pada kesempatan tersebut, secara simbolis Oded juga menyerahkan sejumlah ikan kepada Camat, Yasa Hana­fiah. Selanjutnya ikan-ikan tersebut akan ditebar di sungai.

”Kegiatan ini sebagai ben­tuk cinta lingkungan dan menjaga ekosistem dengan penanaman pohon,” tutur Oded di sela-sela kegiatan.

Rumput Vetiver adalah rum­put budidaya. Rumput ini dapat dimanfaatkan untuk lapik dan kerai. Sedangkan akarnya yang wangi dapat dimanfaatkan sebagai bahan minyak wangi.

Oded menegaskan, Pemerin­tah Kota Bandung terus berupaya agar ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Bandung bertambah. Selain itu, Oded tengah berupaya agar RTH semakin tertata dengan baik. Salah satunya, Pemkot Bandung lebih merekomen­dasikan bangunan vertikal.

”Untuk hunian harus dia­rahkan ke atas atau vertikal. Jika horisontal akan habis tanah. Kita terus upayakan baik itu bangunan seperti Rumah Susun (rusun) untuk menjaga keseimbangan RTH nantinya,” jelas Oded.

Sementara itu, Ketua Forum Bandung Sehat, Siti Munta­mah Oded menjelaskan, kegiatan ini sebagai salah satu implementasi 100 hari kerja Wali Kota Bandung dan Wakil Wali Kota Bandung. Kegiatan ini juga bagian dari peringatan Hari Men­anam Pohon Nasional.

”Kegiatan ini bagian dari cinta kita terhadap kota Bandung. Insya Allah kita akan menanam rumput ve­tiver di sepadan sungai Ci­kapundung. Kita juga akan restocking (menebar) ikan sekitar 150.000 ekor. Ikan-ikan itu akan ditebar di wilayah Cibiru, Cinambo, Cidadap, Bojongloa Kaler dan Bojong­loa Kidul,” tuturnya. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan