Tampilkan Ragam Konsep Tarian

Dalam Rangkaian Roadshow UBS Gold Dance Competition

72
TAMPILKAN TARIAN: Tim dance dari SMA Trinitas menampikan konsep tarian terbaiknya dalam rangkaian Roadshow UBS Gold Dance Competition.

BANDUNG– Seiring dengan bergulirnya roadshow UBS Gold Dance Competition menjadi penanda akan gelaran Honda Developmental Basketball (DBL) West Java Series 2018 – South Region yang akan digelar di GOR Padjadjaran, Kota Bandung pada 21 September hingga 5 Oktober 2018.

Puluhan tim dance dari berbagai sekolah pun saling menunjukkan bakat, kemampuan serta kreativitas dalam menari. Ragam konsep tarian dan pakaian mereka tunjukkan untuk menarik nilai lebih dari para dewan juri dalam kompetisi tersebut.

Mereka tampak semangat dalam menunjukkan tarian-tarian yang dikemas sedemikian kreatif. Para pengunjung yang ada di Braga Citywalk pun dibuat kagum dan bersorak melihat tarian yang dipertontonkan.

Tim Dance SMK Negeri 11 Bandung misalnya, mereka tampil dengan konsep yang terbilang berbeda dari para penari lainnya. Mengusung tema unicorn, pakaian yang mereka kenakan dibuat sangat glamor lengkap dengan tanduk dan juga pernak-pernik penuh kilap.

“Konsepnya unicorn, kan semua tahu unicorn itu ada tanduknya, makanya di sini kita kasih tanduk. Terus di sini juga dikasih sobra, sengaja biar kaya kuda gitu,” kata Leader Tim Dance SMKN 11 Bandung, Reisya Azzahra usai kegiatan, Senin (17/9).

“Terus karena hologram lagi ngetrend banget, warna unicornnya kita pakai hologram gini. Kita juga tambah kaya gliter-gliter sama pernak-pernik gitu,” sambung dia.

Dalam membuat kostum, Reisya mengaku tidak memerlukan waktu lama. Bersama tim, dirinya hanya memerlukan waktu kurang lebih sepekan untuk mempersiapkan serta membuat kostum yang khusus untuk roadshow UBS Gold Dance Competition.

“Kalau kostumnya kita bikin seminggu dan itu juga karena latihan setiap harinya. Kalau gak ada latihan mah Insya Allah tiga hari juga beres,” katanya.

Sementara konsep tarian, Tim Dance SMKN 11 Bandung mengusung R&B yang sangat memukau. Konsep tersebut, lanjut dia, dibuat sedemikian matang agar mampu menampilkan tarian yang maksimal dalam roadshow UBS Gold Dance Competition dan Honda DBL West Java Series 2018 – South Region. “Kita memakai konsep R&B gitu. Kita juga pakai power, jadi tidak terlalu ladies banget. Dan kita latihannya tiga minggu,” kata dia.

Reisya menyatakan, tarian yang ditampilkan hanya perkenalan bagi para dewan juri dan penonton roadshow. Sebab, konsep yang ditampilkan dalam gelaran Honda DBL West Java Series 2018 – South Region ada beberapa perubahan.

“Di gor kan lebih resmi dan lebih meriah. Nanti pasti ada yang diganti gerakan-gerakannya dan kostumnya dibagusin lagi, properti lebih gede lagi dan itu kejutan buat penonton dan tim,” ungkapnya.

Berbeda dengan Tim Dance SMKN 11 Bandung, yang lebih energik, Tim Dance SMAN 1 Soreang menampilkan kolaborasi dua tarian, yakni etnik dan modern. Namun, penampilan mereka juga tak kalah kreatif dibanding tim lainnya.

Leader Tim Dance SMAN 1 Soreang, Riska Amalia mengungkapkan, penggabungan tarian yang dilakukan lantaran di sekolahnya terdapat dua ekstrakurikuler (ekskul), yakni karawitan dan modern dance. Untuk itu, dirinya sengaja memasukkan unsur etnik dalam tarian tersebut.

“Sekolah kami terkenal dengan budayanya dan terkenal dengan ekskul seninya. Dalam konsep kami masukan etnik, jadi di situ ada tarian Bali dan modern,” kata Riska.

Selain itu, timnya juga memiliki alasan kenapa lebih memilih tarian Bali dibanding tarian Jawa Barat. Karena, tarian khas Jawa Barat dinilai sudah terlalu banyak yang memakai, sementara tarian Bali memiliki keunikan tersendiri. “Jawa Barat itu udah umum ya dan pasti sudah tahu, sedangkan Bali kan ada kontak mata dan gerakan itu berbeda,” ujarnya.

Riska mengaku mempersiapkan konsep tarian tersebut selama satu bulan sejak Agustus lalu. Sementara untuk konsep yang diusung dalam kompetisi Honda DBL West Java Series 2018 – South Region mendatang akan sedikit diubah.

“Kita mau banyakin etnik dan kita juga Insya Allah mau ambil etnik tentang Sunda-nya,” tandasnya. (mg1)

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.