Tak Ada Penurunan Porsi Latihan

BANDUNG – Selama Bulan Ramadan, program latihan Persib Bandung Tak berubah. Perbedaannya hanya terletak pada waktu latihan. Sebelumnya, Persib selalu berlatih pagi hari sekitar pukul 08:00, sedangkan selama Bulan Ramadan sepakat berlatih pukul 16:00. Bahkan untuk hari ini rencananya akan dilakukan pada malam hari.

Meski sebagian besar pemain Persib menunaikan ibadah puasa di Bulan Ramadan, latihan tetap digeber dengan program yang tak berubah. Maklum saja, Persib akan menghadapi empat pertandingan besar. Sesi latihan tetap dengan porsi yang sama namun menyesuaikan kondisi.

”Tidak ada perubahan dengan latihan pemain, semuanya sama karena kami sedang dalam jadwal padat kompetisi. Mungkin durasi dan waktu latihan yang berubah,” sebut pelatih Persib, Roberto Carlos Mario Gomez.

Tak hanya sekali pada sore hari, Mario Gomez merencanakan akan ada sesi latihan malam hari. Latihan sore hanya untuk mensiasati kondisi fisik para pemain. Sedangkan malam hari untuk adaptasi pemain. Sebab, selama Ramadan, kick-off Liga 1 2018 bergeser menjadi pukul 20:30 WIB.

Terkait alasan latihan sore, karena sesuai kesepakatan bersama baik pelatih dan pemain. Latihan dilakukan sambil menunggu waktu berbuka.

”Latihan sore pada Bulan Ramadan keinginan para pemain sendiri. Mereka (pemain) ingin latihan pukul 16:00 WIB. Bagi saya tidak masalah yang penting pemain rajin berlatih,” jelas Mario Gomez.

Hanya saja, andai ada perubahan jadwal latihan di kemudian hari, hal itu tidak menutup kemungkinan. Mario Gonez pun tidak keberatan. “Jika pemain ingin berlatih pukul 17:00 WIB atau malam, itu tidak apa-apa,” pungkas mantan pelatih Johor Darul Ta’zim tersebut.

Kemarin (18/5) Gomez sengaja meliburkan skuatnya. Keputusan itu diambil untuk menjaga kebugaran fisik Bojan Malisic dan kawan-kawan jelang persiapan menjamu PSM Makassar, Rabu (23/5) di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA).

”Hari pertama Ramadan mereka tetap berlatih. Kita harus beri mereka libur untuk istirahat atau menikmati makan malam (buka puasa) di rumah bagi yang muslim. Pertandingan hari Rabu, dan masih ada cukup waktu untuk persiapan,” ujar pelatih berusia 61 tahun kemarin (18/5).

Lebih lanjut, Gomez menambahkan, dia hanya memberikan libur satu hari dan tetap berlatih di akhir pekan. Hari ini (19/5) lanjut dia, Maung Bandung kembali akan memulai persiapan dengan berlatih malam yang rencananya akan digelar di GBLA.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan