Sudah Ditutup, Jalan Gunung Pancir Kembali Amblas

SOREANG – Sebuah alat berat Backhoe yang sedang melakukan penggurukan lubang jalan terperosok ke dalam di Kacamatan Kutawaringin.

Alat berat itu ikut ambles ke dalam tanah saat mengurug lubang yang berada di Kampung Parung Peusing RW 09, Desa Jelegong, Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung.

”Kejadiannya Pukul 15.30 WIB tadi. Lagi ngurug lubang yang kemarin tiba-tiba backhoenya ikut terperosok,” kata Sekertaris Desa Jelegong Dian Farid di lokasi kejadian.

Lokasi terperosok backhoe tersebut berada tidak jauh dari lubang sebelumnya yang kini sedang dilakukan pengurukan.

”Di bawah jalan ini masih ada ruang kosong sehingga backhoe ini ikut terperosok. Ini lubang baru, kalau lubang sebelumnya sudah ditutup menggunakan materilal batu,” jelasnya.

Seperti diketahui, sekitar 20 tahun lalu kampung tersebut merupakan lokasi penambangan lempung (pasir) bahan baku untuk membuat tehel atau teraso (lantai).

Hingga Pukul 16.00 WIB, backhoe ini sedang dievakuasi menggunakan bulldozer. Dian menambahkan bila jalan tersebut rawan terjadi pergerakan tanah kembali.

”Backhoe ini sedang dievakuasi, tapi yang kami khawatirkan kalau alat berat ini terus bulak balik di jalan ini, takutnya ambles lagi,” tuturnya

Sebelumnya, Pengurugan lubang jalan yang ambles di Jalan dengan pengurugan dan pemadatan material pada jalan ambles tersebutdengan menggunakan konstruksi agregat (batu).

’’Jadi ketika kita masukan kesana harapanya dapat menyerap air dan dapat menahan beban,” ujarnya di lokasi (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan