Suara PDIP Pecah, Golkar Diuntungkan

NGAMPRAH- Suara PDI Perjuangan dalam Pilkada Serentak 2018 di Kabupaten Bandung Barat dipastikan bakal pecah. Hal itu setelah majunya kader senior dari PDIP yakni Aa Umbara Sutisna maju sebagai Bakal Calon Bupati Bandung Barat berpasangan dengan Bakal Calon Wakil Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan yang diusung oleh Partai Demokrat, PAN, PKS, Nasdem dan PKPI.

Sementara, DPP PDIP menjantuhkan rekomendasi kepada Elin Suharliah dan Maman S Sunjaya yang didukung PPP dan PKB. Pengamat Politik dan Ilmu Pemerintahan Universitas Parahyangan (Unpar) Bandung, Asep Warlan Yusuf mengungkapkan, suara PDIP di Kabupaten Bandung Barat sudah dipastikan bakal pecah. Karena, dua kader PDIP sama-sama maju dalam Pilkada Serentak 2018.

“Sudah dipastikan suara PDIP pecah, karena kedua kader PDIP baik Elin atau Aa itu sama-sama punya massa dan pendukung setia. Ketika, Aa berani maju di luar partai yang membesarkannya, para kader dan simpatisan setianya akan terus mendukung. Tentu ini yang harus diwaspadai oleh PDIP sendiri dalam menghadapi pilkada tahun ini,” kata Asep, Minggu (28/1).

Menurut Asep, PDIP memiliki tantangan dan diharuskan kerja keras untuk habis-habisan mendukung calon yang direkomendasikan secara resmi oleh DPP PDIP. Oleh karenanya, dibutuhkan ketegasan dari Ketua DPC PDIP agar menjamin di internal bisa kompak dan solid. “Karena kalau sudah pecah seperti ini, justru calon lain (Doddy-Pupu,red) yang diuntungkan. Di politik itu semua kemungkinan bisa saja terjadi,” terangnya.

Berbicara Pilkada, kata dia, tidak hanya posisi partai yang dominan untuk memenangkan pesta domokrasi lima tahunan ini. Dia menyebutkan, posisi pertama yang menjadi perhatian masyarakat atau pemilih justru dari figur disusul visi misi dan terakhir partai. “Sekarang itu masyarakat lebih memilih figur nomor satunya, justru partai urutan ketiga. Maka setiap survey seringkali dilihat dari sisi popularitas hingga elektabilitas figurnya dulu,” paparnya.
Dia mencontohkan, figur Elin tetap kuat memiliki tempat di tengah masyarakat karena di belakangnya ada nama besar Abubakar sebagai Bupati Bandung Barat. Begitu juga dengan Aa Umbara tak kalah hebatnya karena sudah begitu dikenal masyarakat baik saat menjabat Ketua DPRD KBB serta memiliki pengalaman yang panjang di dunia politik. Figur lainnya ada Doddy yang saat ini terus gencar terjun ke tengah masyarakat didorong oleh mesin partai yang besar seperti Golkar, Hanura, Gerindra dan PBB.

Tinggalkan Balasan