STIE Ekuitas Fasilitasi Lulusan Kerja di Bank

Wujudkan Mimpi Melalui Program Ikatan Dinas bjb Talent Scouting

206
DOKUMENTASI STIE EKUITAS FOR JABAR EKSPRES
MENUJU DUNIA KERJA: Para peserta bjb Talent Scouting angkatan pertama foto bersama dosen STIE Ekuitas setelah pengarahan dan bimbingan sebelum ditempatkan di Bank bjb.

BANDUNG – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Ekuitas mendorong dan memfasilitasi lulusannya agar mudah bekerja di perbankan. Salah satu upaya yang dilakukan pihak STIE Ekuitas yakni bekerja sama dengan Bank bjb mengadakan program ikatan dinas BJB Talent Scouting. Program ini sebagai on the job training (OJT) mahasiswa tingkat akhir STIE Ekuitas untuk mengaplikasikan ilmunya di Bank bjb.

Untuk awal tahun ini, program BJB Talent Scouting baru angkatan pertama. Sebanyak 25 mahasiswa kini baru saja menyelesaikan bjb Talent Scouting di beberapa kantor cabang Bank bjb selama tiga bulan. Mereka dibina dan dididik layaknya karyawan Bank bjb.

Ketua STIE Ekuitas Prof. Dr. Ina Primiana SE MT mengatakan, bjbTakent Scouting merupakan pembinaan dan pendidikan yang diberikan kepada mahasiswa terbaik dan berprestasi di kampunya. Tujuannya, guna menciptakan calon pegawai yang profesional, handal dan siap pakai bekerja di Bank bjb.

”Sebanyak 25 mahasiswa terbaik yang terpilih ini merupakan program bjb Talent Scouting angkatan pertamma 2017/2018 dari program studi S1 Manajemen dan S1 Akuntansi. Sebetulnya melalui program ini, Bank bjb membutuhkan lulusan kami lebih banyak lagi, namun karena begitu ketat dan selektif dalam rekruitmentnya mahasiswa yang terpilih baru 25 orang,” ujar Prof. Ina di Kampus STIE Ekuitas, Jalan PH.H. Mustopa Nomor 31, Kota Bandung, belum lama ini.

PERESMIAN: Perwakilan Divisi SDM bank bjb Hendro Hendarno (ketiga kiri) menyematkan tanda peserta saat pengarahan dan penempatan bjb Talent Scouting.

Untuk terpilih dalam program bjb Talent Scouting ini tidaklah mudah. Setiap mahasiswa yang mendaftar akan melalui beberapa tahapan seleksi. Di antaranya, tes akademik, minat bakat, psikologi, kesehatan, wawancara dan tes presentasi. Seleksinya langsung oleh pihak Bank bjb. Kemudian jika lulus seleksi, para mahasiswa tersebut langsung menandatangani kontrak kerja sama dengan Bank bjb.

Menurut dia, meskipun STIE Ekuitas sendiri di bawah yayasan milik Bank bjb, tentunya Bank bjb membutuhkan orangorang yang qualified. Untuk itulah, pihak kampus memprioritaskan agar lulusanya ungul dan siap pakai. ”Kami siapkan lulusan bukan untuk siap bekerka tapi siap pakai. Berbeda kalau siap bekerja dia belum tentu siap pakai, sedangkan kalau siap pakai saat di dunia kerja pasti kepakai,” tegas Prof. Ina.

PEMBEKALAN: Sejumlah dosen memberikan pembekalan kepada mahasiswa peserta bjb Talent Scouting angkatan pertama.

Prof. Ina menyebutkan banyak kelebihan yang didapatkan dari adanya program bjb Talent Scouting. Setiap mahasiswa akan mendapat insentif uang saku serta magang yang diberikan langsung oleh Bank bjb. Selain itu, mahasiswa yang sudah mengikuti program berpeluang besar menjadi bagian dari ODP (back office Bank bjb)

Meskipun ini adalah program baru, STIE Ekuitas sudah membuk tikan bahwa mahasiswanya unggul dan siap terjun dalam dunia kerja. ”Untuk selanjutnya, kami sudah merencanakan membuat Talent Scouting bagi mahasiswa program D3. Kami berharap lulusan Stie Ekuitas ini mem punyai mimpi yang tinggi untuk meraih nilai baik dan berkualitas sehingga akan mudah mencari kerja,” ujar Prof. Ina.

Sementara itu, Junior Officer Management Kompetensi dan Kinerja Pegawai Bank bjb Revan Agustian mengakui jika mahasiswa STIE Ekuitas memiliki kompetensi di dunia perbankan. Menurut dia, setelah tiga bulan memperhatikan, maka dirinya menilai 90 persen mahasiwa STIE Ekuitas peserta BJB Talent Scouting sudah merupakan calon pegawai Bank bjb. Dirinya mengatakan, peserta bjb Talent Scouting mendapat binbingan dan pembinaan. Setiap dua minggu peserta di test oleh pimpimnan unit kerja. Selain itu, mahasiswa juga pre test dan post test.

Kalau dilihat dari bagaimana mereka bekerja, maka 90 persen mahasiswa STIE Ekuitas ini sudah masuk dalam PDMP (Pegawai Dalam Masa Penilaian),” ujar Revan kepada Jabar Ekspres. Dia menambahkan, penilaian diberikan oleh pemimpin unit kerja (PUK) Bank bjb di tempat mahasiswa OJT. Dan hamper semua PUK memberikan penilaian positif kepada para mahasiswa STIE Ekuitas.

Menurut dia, program bjb Talent Scouting ini menjadi alternatif dalam recruitmen calon pegawai. Untuk menjadi pegawai Bank bjb memang bisa melalui berbagai cara. Dan dirinya menilai bjb Talent Scouting merupakan cara efisein dalam memenuhi kebutuhan pegawai. (fik)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.