Sosialisasi 4 Pilar Perkuat Keutuhan NKRI

DAGO – Anggota MPR/DPD-RI asal Jawa Barat, Ir.H.Ayi Hambali, MM melaksanakan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan bersama seluruh civitas SMA Al-Falah, Dago-Bandung.

Dalam pemaparannya, Ayi menyebutkan bahwa 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila, UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika dicetuskan pertama kali oleh Ketua MPR RI pada waktu itu yakni Taufik Kemas.

Pilar pertama yakni Pancasila, lanjutnya, merupakan salah satu pilar dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yang memiliki kon­sep, prinsip dan nilai yang merupakan kristal­isasi dari belief system yang terdapat di seantero wilayah Indonesia, sehingga memberikan jaminan kokoh kuatnya Pancasila sebagai pilar kehidupan berbangsa dan bernegara.

”Pada kenyataan saat ini, masih banyak hal yang bertentangan dengan sila-sila yang ada dalam Pancasila “ tegas Ayi

Dicontohkan Ayi, di Jawa Barat saja, 62 % lahan dikuasai oleh 10 persen penduduk sementara 38 % sisa lahan dikuasai oleh 10 % rakyat Jawa barat. Dicontohkan pula banyak rakyat kita yang masih belum mempunyai tempat tinggal bahkan banyak yang terpaksa harus tinggal di kolong jembatan, sementara banyak konglomerat yang punya rumah lebih dari satu bahkan juga puluhan aparte­men yang menurut kabar para konglomerat tersebut jarang bahkan tak pernah meng­huni tempat tersebut.(*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan