Solskjaer Resmi Gantikan Mou

INGGRIS– Ole Gunnar Solskjaer resmi mengisi kursi pelatih Manchester United yang menggantikan Jose Mourinho pasca dipecat. Eks pemain dari Setan Merah itu akan menangani tim sampai akhir musim.

“Kami bisa konfirmasi bahwa Ole Gunnar Solskjaer sudah ditunjuk jadi manajer interim sampai akhir musim 2018/2019,” demikian pernyataan resmi Setan Merah.

Setelah memecat Mourinho menyusul performa buruk tim musim ini, MU langsung bergerak cepat mencari penggantinya dan Solskjaer yang dipilih dari sederet nama yang sempat muncul seperti Laurent Blanc, Antonio Conte, dan Arsene Wenger.
Dalam kerjanya selama kurang lebih tujuh bulan, Solskjaer ditemani oleh Mike Phelan yang merupakan mantan asisten Sir Alex Ferguson. Dia menjadi asisten manajer didampingi Michael Carrick dan Kieran McKenna.

Solskjaer bukan sosok asing bagi MU. Ia merupakan mantan penyerang Setan Merah di musim 1996 hingga 2007. Ia bermain sebanyak 359 kali dan mencetak 123 gol, dengan enam gelar Premier League, dua Piala FA, dan sekali Liga Champions ia persembahkan.

Munculnya nama Solskjaer bermula dari cuitan di media sosial oleh Perdana Menteri Norwegia Erna Solberg.

“Hari yang luar biasa untuk sepak bola Norwegia. Semoga berhasil mengendalikan Setan Merah @olegs26_ole,” bunyi tweet dari akun Solberg.

Sebelumnya, Mou mungkin saja semakin benci dengan Juergen Klopp, manajer Liverpool, usai pemecatan dirinya dari Manchester United. Bukan apa-apa, Klopp bisa dibilang menyebabkan dirinya dipecat tiga kali sepanjang karir kepelatihannya.

Memang, dalam dua pemecatan sebelumnya tidak secara langsung. Namun, berkat Klopp, tim asuhan Mourinho tampil melempem pada laga berikutnya.

Seperti diketahui, Mourinho resmi dilengserkan dari kursi manajer Man United dua hari setelah kekalahan dari Liverpool dengan skor 1-3 di Anfield. Kekalahan itu membuat Setan Merah tertinggal 19 angka dari Liverpool yang kokoh di puncak klasemen.

Diniali gagal memberikan impresi positif sepanjang musim ini di Premier League, manajemen Red Devils lantas melayangkan surat PHK untuk Mou. Juru racik asal Portugal itu pun meninggalkan Old Trafford sebelum menyelesaikan musim ini.

Jauh sebelumnya, pada musim 2012-2013, Mou juga kehilangan pekerjaan sebagai pelatih Real Madrid pada akhir musim. Itu tak lepas dari kegagalan Mou membawa Madrid berjaya di Liga Champions. Gara-garanya, Madrid disingkirkan Borussia Dortmund di semifinal. Pelatih Dortmund kala itu adalah Klopp.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan