SKPD Nunggak Bayar Listrik

CIMAHI – PT Perusahan List­rik Negara (PLN) Cimahi meng­inginkan penyelesaian pem­bayaran listrik untuk kepen­tingan pemerintah Kota Cimahi dan fasilitas umum bisa di­bayar melalui satu pintu.

Assistant officer pendapatan PLN Cimahi, Cecep Suhendra mengatakan, keinginan pena­gihan lewat satu pintu terse­but bertujuan agar tidak ada keterlambatan dalam pem­bayaran seperti yang sering terjadi selama ini.

’’Saat ini, pembayaran listrik Cimahi diserahkan kepada Satuan Kerja Perangkat Dae­rah (SKPD). Jadi setiap bulan ada saja SKPD yang nunggak,’’ katanya, saat ditemui di ruang kerjanya di Kantor PLN Cabang Cimahi, Jalan Amir Machmud Kota Cimahi, belum lama ini.

Selain itu, lanjut Cecep, denga pembayaran melalui satu pintu akan memudahkan pihak PLN dan juga pihak pemerin­tah dalam melakukan kontrol keterlambatan pembayaran. Sehingga Cecep yakin denga kontrol yang baik dari kedua pihak (PLN dan Pemerintah) tidak akan lagi ada keterlam­batan pembayaran.

”Ada beberapa SKPD yang sering telat bayar. Salah satu­nya seketariat DPRD,” ujarnya.

Menurut Cecep, dengan keterlambatan pembayaran dari para pelanggan otomatis akan mengganggu oprasional pihak PLN. Tidak hanya PLN, dampak dari keterlambatan pembayaran juga akan terasa kepada pelanggan.

”Kalau mereka (pelanggan) telat bayar, listrik sementara kita putus dulu. Pasti dengan diputus listriknya akan terhen­ti juga kerjaannya,” bebernya.

Untuk itu, Cecep berharap kedepan akan ada kerjasama yang dilakukan antara pihak PLN dan Pemerintah Kota Ci­mahi terkait pembayaran tagi­han listrik melalui satu pintu seperti di daerah daerah lain.

”Seperti Kabupaten Bandung Barat (KBB) mereka mem­bayar listriknya langsung dari keuangan pemkab. Tidak melalui SKPD,” ucapnya.

Agar penagihan bisa mela­lui satu pintu, maka saat ini pihak PLN sedang mengurus pengajuan proses tersebut kepada pihak pemerintah Kota Cimahi . ”Kewajiban Pemerintah Kota membayar listrik ini yang sedang saya urus karena kalau dibanding­kan dengan KBB, Cimahi lebih sulit penagihannya. Apalagi sekarang denga pe­raturan pembayaran melalui transfer,” jelasnya.

Dengan pengajuan yang dilakukan pihaknya, Cecep yakin kedepan penagihan listrik terhadap pemerintah melalui satu pintu akan se­gera terwujud. Sebab menurut Cecep, apa yang sedang di­ajukan oleh PLN kepada pihak pemkot Cimahi sudah masuk dalam pembahasan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan