Siswa Peminat SNM PTN Naik

JAKARTA – Rangkaian pengisian pangkalan data siswa dan sekolah (PDSS) seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) 2018 resmi ditutup Senin malam (12/2) pukul 23.59 WIB. Hasil rekapitulasi menunjukkan terjadi peningkatan peminat masuk PTN melalui jalur tanpa ujian ini. Pendaftaran resmi SNM PTN bakal dibuka pada 21 Februari depan.

Hasil rekapitulasi panitia SNM PTN 2018 menyebutkan saat ditutup jumlah sekolah yang sudah mengisi data dan finalisasi mencapai 16.049 sekolah. Kemudian jumlah siswa yang melakuan verifikasi tercatat ada 1.118.137 siswa. Jumlah siswa terverifikasi itu lebih banyak dibandingkan periode 2017 yang terdata ada 1.006.158 siswa. Ini menunjukkan peminta SNM PTN tahun ini lebih besar dibandingkan tahun lalu.

Ketua Umum SNM PTN 2018 Ravik Karsidi menjelaskan, jumlah siswa yang terverifikasi itu berpotensi naik. Sebab panitia masih menunggu data verifikasi siswa dari lima kabupaten di Papua sampai 15 Februari pukul 20. Kelima kabupaten di Papua itu adalah Mimika, Asmat, Merauke, Boven Digoel, dan Mappi.

Ravik yang juga Rektor UNS Solo itu itu menjelaskan secara umum validasi dan verifikasi PDSS SNM PTN ditutup Senin malam (12/2). Namun ternyata di lima kabupaten itu akses internetnya lemot atau lambat. Sehingga panitia memutuskan memberikan perpanjangan waktu supaya tidak ada yang dirugikan. ’’Jadi total final PDSS akan disampaikan pada 16 Februari sambil menunggu proses PDSS dari sekolah di lima kabupaten itu,’’ kata Ravik kemarin (13/2).

Terkait dengan jumlah siswa terverifikasi yang lebih banyak dibandingkan tahun lalu, panitia SNM PTN mengaku sangat bersyukur. Ravik berharap seluruh siswa yang terverifikasi benar-benar mendaftar SNM PTN saat masanya sudah dibuka nanti. Tetapi setiap tahun hampir tidak pernah terjadi seluruh siswa terverifikasi mendaftar SNM PTN semuanya. Tahun lalu misalnya, dari 1.006.158 siswa terverifikasi PDSS, yang mendaftar SNM PTN hanya 517.418 siswa. Artinya sekitar separuh saja siswa yang sebenarnya bisa mendaftar SNM PTN, benar-benar mendaftar.

Panitia SNM PTN menyebutkan memang semua siswa yang telah terverifikasi wajib mendaftar SNM PTN. Ravik menyampaikan pesan kepada para siswa yang anti benar-benar berniat mendaftar SNM PTN. ’’Harapan saya para siswa mendaftar secara cermat dalam mengisi data dan pilihan program studi,’’ tuturnya. Pengisian yang tidak cermat bisa membuat pendaftaran tertolak secara sistem.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan