Sistem Ponzi bak Menggali Kuburan Sendiri

Banyak orang mengaitkan kasus dugaan penipuan PT Solusi Balad Lumampah (SBL) dengan First Travel. Keduanya penyelenggara umrah skala besar. Serupa namun tak sama. Manajemen gali lubang tutup lubang jadi penyebab masalahnya.

ANDY RUSNANDY, Bandung

MOBIL berpelat nomor T 1363 AW kerap nongkrong di pelataran parkir Graha Bumi Putera, Jalan Dewi Sartika Bandung. Merek Pajero tipe sport keluaran tahun 2015 berwarna hitam. Sudah dua tahun ini dipakai leader SBL berinisial R. Digunakan untuk ”bisnis ibadah” ke sana ke mari mencari calon jamaah umrah.

Mobil itu dibeli hasil jerih payah R menggeluti usaha SBL bertahun-tahun. Kala itu, sang leader unggulan ini ketiban rezeki nomplok. Dapat bonus besar. Kurang lebih Rp 160 juta. Uang itu lantas dia belikan Pajero tersebut dengan cara mencicil. ”Sepengetahuan saya, R beli sendiri mobil itu,” kata sahabat R, meminta dirahasiakan namanya saat bercerita kepada Jabar Ekspres.

Tagog (tampang, Red) kendaraan yang satu itu memang gogog (kiasan: garang, Red). Pantas dijadikan sarana transportasi sebagai bukti keberhasilan usaha. Maklum, dalam kegiatan bisnisnya, SBL menerapkan sistem semi Multi Level Marketing (MLM). Polisi menyebutnya sebagai skema ponzi. Artinya money game. Ada bonus langsung jika berhasil merekrut anggota atau jamaah baru.

Tempat nongkrong mobil itu berpindah. Semula selalu di kawasan bersejarah di Bandung. Dekat Jalan Asia Afrika. Jalan Dewi Sartika namanya. Daerah ini menjadi titik pusatnya Kota Kembang. Namun, kini ”terpenjara” di halaman parkir Polda Jawa Barat. Polisi menyitanya berbarengan saat menangkap bos SBL, Aom Juang Wibowo.

Banyak barang yang disita polisi. Sebagai barang bukti dugaan kejahatan bos SBL itu. Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto memamerkan semua sitaannya beberapa waktu lalu. Mobil, rumah, dan motor. ”Itu semua dari bisnis ini,” kata Kapolda.

Aom Juang Wibowo memang gemar mempertontonkan barang mewahnya. Dalam Facebook dengan nama akun Aom Juang (ahonk djuang) terlihat Aom sedang duduk menyilangkan kakinya di atas kap Porsche berkelir kuning kehijauan.

Ada pula foto dia sedang duduk di kursi depan Ferrari berwarna merah dengan pintu yang terbuka. Banyak pula foto-foto perjalanan ke Tanah Suci. Namun, di foto SBL Auto Gallery yang sempat Aom pampang, tak ada mobil Pajero Sport milik R. ”Dapatkan mobil mewah di SBL Auto Gallery secara gratis,” tulis Aom di Facebook-nya, 30 September 2016.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan