Sidak Kepokmas Jelang Lebaran

CIMAHI– Menjelang Hari Raya Idul Fitri, Dinas Perdagangan, Koperasi, UMKM dan Perindustrian (Diskoperindag) bersama Dinas Pangan dan Pertanian (Dispantan), Dinas Kesehatan dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) serta Anggota Polres Cimahi menggelar inspeksi mendadak ke beberapa toko moderen di Kota Cimahi, Senin (11/6).

Kepala Diskoperindag Kota Cimahi, Adet Chandra Purnama menjelaskan, pelaksanaan sidak di H-4 jelang Idul Fitri ini dilaksanakan untuk memantau ketersedian dan kestabilan harga bahan pangan terutama kebutuhan pokok masyarakat (kepokmas) serta sistem pendistribusian berbagai bahan pangan tersebut di Kota Cimahi.

“Kita coba melihat distribusi kebutuhan pokok, itu yang paling penting,” ungkapnya, disela sela pelaksanaan sidak, di Jalan Amir Mahmud, Cimahi.

Adet menuturkan, setelah pihaknya melakukan pengecekan ke beberapa toko moderen, ternyata ketersediaan berbagai jenis komoditi kebutuhan pokok bagi masyarakat terbilang aman. Termasuk di pasar moderen dan pasar tradisional.
“Sejauh ini masih aman. Harga pun masih stabil belum ada kenaikan yang signifikan,” tuturnya.

Kendati demikian, Adet mengaku, jika ke depan ada kelangkaan atau kenaikan harga yang tak wajar, maka pihaknya akan langsung melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat maupun pihak Badan Urusan Logistik (Bulog).

“Secara ke seluruhan gak ada kekosongan. Kalau ada kekosongan kita ada koordinasi lain dengan Pemprov Jabar dan Bulog,” terangnya.

Meski ketersediaan aman, diakui Adet untuk harga kebutuhan pokok, seperti daging ayam dan daging sapi cenderung mengalami kenaikan. Adet menyebutkan, saat ini harga daging ayam beku di pasar moderen menyentuh Rp 33.000 per kilogram.  “Daging ayam di pasar tradisional sudah menyentuh harga Rp 44.000 per kilogram,” sebutnya.

Memurut Adet, kenaikan harga tersebut dinilai wajar terjadi jelang lebaran. Sebab, kenaikan cenderung terjadi karena adanya permintaan masyarakat akan kebutuhan pokok yang cukup tinggi. “Seperti diprediksi siklus tahunan naik. Sebentar lagi akan mahal,” pungkasnya.(ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan