Siapkan Bantuan Modal bagi Disabilitas

NGAMPRAH– Pemkab Bandung Barat terus berupaya untuk membantu para penyan­dang disabilitas dalam me­ningkatkan sektor ekonomi. Salah satunya melalui program “” yang merupakan ben­tuk kepedulian pemerintah kepada para penyandang disabilitas. Sehingga mereka bisa jauh lebih mandiri dengan ekonomi yang lebih kuat.

“Jadi, pemerintah tidak ha­nya memberikan bantuan peralataan penunjang sehari-hari mereka. Tapi, lebih dari itu, bagaimana mereka bisa meningkatkan perekonomian salah satunya dengan dibe­rikan modal usaha, itu yang sedang dirumuskan,” kata Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna usai men­ghadiri peringatan Hari Disa­bilitas Internasional (HDI) Tingkat Kabupaten Bandung Barat yang digelar di Lembang, Kamis (6/12).

Tak hanya mengandalkan dari bantuan pemerintah, mereka juga akan mendapat­kan bantuan modal tersebut dari hasil CSR setiap perusa­haan di Bandung Barat.

“Ada sekitar 10 perusahaan yang sudah mendukung serta siap membantu bagi penyandang disabilitas ini. Bantuannya bisa dari CSR perusahaan. Karena saya ya­kin pengusaha juga merespon,” terangnya.

Selain membantu dari sisi perekonomian, pemerintah daerah juga terus memberikan dukungan serta apresiasi bagi penyandang disabilitas berprestasi. Di antaranya yang sudah mengharumkan nama Kabupaten Bandung Barat seperti disabilitas yang men­jadi desainer, atlet yang ikut dalam ajang Asian Para Games 2018 beberapa waktu lalu serta beberapa hal lainnya.

“Termasuk kami juga siap­kan soal penyediaan fasilitas publik khusus penyandang disabilitas serta rencana pembangunan gedung krea­tivitas anak muda yang di­targetkan bisa terbangun pada 2020 mendatang. Ter­masuk di dalamnya ada fasi­litas bagi penyandang disa­bilitas,” ujarnya.

Seperti diketahui, berdasar­kan data dari Dinas Sosial Bandung Barat, jumlah kaum disabilitas hingga tahun 2017, ada sekitar 5.676 orang. Se­banyak 200 penyandang disa­bilitas mengikuti peringatan HDI tingkat Kabupaten Bandung Barat. Sebanyak 3 dari 20 warga disabilitas ber­prestasi, mendapatkan ha­diah umroh dari Pemkab Bandung Barat. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan