Siagakan 1300 Personil Gabungan

CIMAHI – Sebanyak 1.300 petugas gabungan dari Polres Cimahi, TNI, Pemerintah Kota Cimahi dan Pemerintah Kabupaten Bandung akan diturunkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru 2019.

Kapolres Cimahi, AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, pihaknya menyiapkan antisipasi kejahatan jalanan dengan melengkapi sarana prasarana yang memadai.

“Kami perintahkan jajaran apabila ada ancaman yang mengancam diri petugas dan masyarakat, saat Natal dan Tahun Baru akan dilakukan tindak tegas terukur sesuai ketentuan,” ujarnya saat ditemui usai gelar apel pergeseran pasukan di Mapolres Cimahi, Kamis (20/12).

Selain itu, lanjut Rusdy, pihaknya juga sudah menyiapkan penempatan personel di setiap lokasi rawan terutama tempat ibadah yang menggelar perayaan natal dan pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan tokoh agama setempat.

“Masing-masing personel sudah kami floating untuk tempat ibadah dan disesuaikan dengan jumlah jamaah yang hadir saat pelaksanaan Natal,” ucapnya.

Tidak hanya itu, Rusdy mengaku, pihaknya juga akan melaksanakan sterilisasi gereja serta berkoordinasi dengan tokoh agama setempat. Sedangkan untuk pola pengamanan, pihaknya akan menggunakan pola berdasarkan evaluasi tahun lalu.

Sementara untuk pengamanan Tahun Baru 2019, Rusdy mengatakan, pihaknya akan fokus pada pengamanan di Kawasan Wisata Lembang. Sebab, dikawasan tersebut kerap terjadi kemacetan arus lalu lintas.

“Kawasan Lembang jadi fokus utama pengamanan dan kami sudah bentuk tim khusus untuk mengurai kemacetan. Tapi ada juga tim yang siaga mengamankan wilayah,” kata Rusdy.

Sebelum pelaksanaan Ops Lilin Lodaya 2018, menjelang Natal dan Tahun Baru pihaknya juga sudah melakukan gelar PraOps untuk ciptakondisi dan berhasil mengamankan 5.612 botol miras berbagai merk, 13 jerigen dan 220 tuak, serta 580 plastik ciu.

Ribuan miras tersebut dimusnahkan dengan cara dilindas menggunakan alat berat jenis stoom yang ditumpangi Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, Wali Kota Cimahi Ajay M Priatana dan Ketua MUI Kota Cimahi Alan Ridwan.

Rusdy mengatakan, barang bukti Miras ini didapat dari hasil operasi pekat dan operasi pekat dan Kegiatan Kepolisian yang Ditingkatkan (KKYD) Polres Cimahi dan Jajaran Polsek sejak Agustus hingga Desember 2018.

“Operasi ini dalam rangka cipta kondusif menjelang Natal dan Tahun Baru 2019. Hasilnya kami berhasil mengamankan sebanyak 5.612 botol miras berbagai merek,” pungkasnya. (ziz/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan