Serie A Setara Premier League

ITALIA – Cristiano Ronaldo bukan satu-satunya hal baru di Serie A musim ini. Lega Nazionale Professionisti Serie A (LNPA) atau biasa dikenal Lega Serie A sebagai otoritas liga mengubah logo hingga merilis akun media sosial (medsos) resmi yang baru.

Melalui laman resminya, logo baru Serie A menonjolkan huruf ’’A’’ sebagai kasta tertinggi kompetisi sepak bola di Italia. Desain dibuat menyerupai lapangan sepak bola di bagian tengah. Pemilihan warna hijau-merah-putih pun disesuaikan dengan bendera Negeri Pizza.

Bukan hanya Serie A, logo untuk tiga kompetisi bergengsi Italia lainnya juga di-branding ulang. Di antaranya, Coppa Italia, Supercoppa Italiana (Piala Super Italia), dan kompetisi Primavera.

Sementara itu, untuk akun medsos, terdapat tiga platform yang digunakan. Yakni, Facebook, Twitter, dan Instagram. ’’Semua ini kami lakukan untuk membuat Serie A meraih pasar lebih besar,’’ kata Chairman Lega Serie A Gaetano Micciche sebagaimana dilansir RAI Sport.

Sebelumnya, Lega Serie A menyepakati kontrak hak siar baru dengan Sky Sports, Mediaset Premium, Eleven Sports, dan ESPN. Untuk kontrak kerja sama yang berjalan mulai musim ini (2018–2019) hingga 2020–2021, Serie A mendapatkan dana yang bisa mencapai EUR 1,1 miliar atau setara dengan Rp 18,2 triliun setiap musim. Bandingkan dengan musim lalu, EUR 942 juta (Rp 15,6 triliun).

Jatah untuk 20 klub pun naik 10 persen, dari 40 persen menjadi 50 persen. Artinya, Serie A sudah setara dengan Premier League. Musim lalu Serie A juga mengagendakan pertandingan di saat Natal atau meniru Boxing Day di Premier League.

Namun, ada perubahan terkait dengan persentase pembagian hak siar. Otoritas Serie A menggunakan skala prioritas atau disesuaikan dengan capaian akhir klub untuk jatah 30 persen. Selanjutnya, sisa 20 persen dihitung berdasar jumlah pertandingan yang disiarkan langsung dan variabel lainnya.

Dengan mekanisme distribusi hak siar yang baru, Juventus yang musim lalu menerima EUR 122,8 juta (Rp 2,03 triliun) berpotensi mengalami penurunan pemasukan.

Hanya, ada klausul dalam kontrak hak siar yang menyebutkan, jika ad a kenaikan jumlah pelanggan dan keuntungan bisnis, Juve bisa mendapatkan tambahan EUR 15 juta (Rp 249,1 miliar). (ren/c22)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan