Semua Mudah dengan Mobile JKN

BANDUNG – Aplikasi Mobile JKN merupakan wujud dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses pelayanan bagi Peserta. Dengan adanya Aplikasi Mobile JKN, selain dapat mengakses informasi dirinya dan keluarga, Peserta juga dipermudah dalam mendapatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

Nani Sumarni (47), seorang pegawai BUMN Perum Perhutani di Kota Bandung, sudah merasakan kemudahan dalam akses pelayanan melalui Mobile JKN. “Dengan adanya Aplikasi Mobile JKN ini, kita sangat dipermudah untuk pelayanan di fasilitas kesehatan masing-masing dimana Peserta terdaftar. Tidak perlu antre, karena bisa melalui Mobile JKN”, tutur Nani.

Nani juga menjelaskan, melalui Aplikasi Mobile JKN kita memiliki rekam pelayanan medik sendiri. Walaupun dilayani oleh dokter yang berbeda, Peserta tidak perlu merasa khawatir. Dengan adanya rekam pelayanan medis, Peserta sudah bisa tau misalnya terkait obat apa saja yang sudah biasa di konsumsi.
Terkait manfaat pelayanan yang di perolehnya, Nani juga menjelaskan telah beberapa kali menggunakan Kartu JKN-KIS. “Sudah sering digunakan, penyakit yang ringan saja. Alhamdulillah. Walau kami memiliki JKN, tapi kami malah berharap kartu tidak pernah digunakan. Intinya kami ingin selalu sehat, biarkan JKN digunakan oleh mereka yang benar membutuhkan”, cerita Nani.

Ia juga menjelaskan, untuk berobat pun Peserta cukup menunjukkan KIS Digital yang ada di Aplikasi Mobile JKN. Tidak ada alasan bagi fasilitas kesehatan untuk menolak Peserta dan enggan memberikan pelayanan selama Peserta sesuai dengan prosedur.”Tunjukkan KIS Digital, sudah bisa dilayani kok”, tambah Nani.

Nani hanya berharap, untuk kedapannya pelayanan yang sifatnya spesialis/sub-spesialis dan tidak dapat ditunda, fasilitas kesehatan tentunya dapat melayani dengan lebih optimal. “Kalau untuk penyakit yang sifatnya umum, JKN sudah sangat maksimal dan luar biasa”, tutupnya. (rm)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan