Santri Peduli Citarum

BOJONGSOANG – Ratusan santri dari Pondok Pesantren Al Basyariah 3 Arjasari dan peserta pesantren kilat Madrasah Al Qurani Cigebar, Desa Bojongsari Kecamatan Bojongsoang mendatangi bantaran sungai Citarum untuk bersama-sama melakukan aksi pungut sampah di Oxbow Bojongsoang, keamarin. (20/12).

Komandan Sektor 6 Satgas Citarum Harum Kolonel Yudi Zanibar mengaku, sangat menyambut baik kegiatan yang dilakukan para santri tersebut. Hal ini, dalam rangka tadzabur alam dan berkontribusi menjaga lingkungan.

“Sebanyak 300 santri turut mengikuti kegiatan Tadzabur Alam ini. Mereka melaksanakan bersih-bersih memungut sampah di bantaran dan Sungai Citarum,” ungkap Yudi saat ditemui di lokasi.

Menurutnya, pemungutan sampah ini dilakukan disekitar bantaran dan sungai menggunakan perahu. Untuk menarik minat para santri, kegiatan bersih-bersih ini juga diperlombakan, dengan jumlah sampah paling banyak akan menjadi pemenang dalam kegiatan tersebut.

Selain itu,setelah melakukan bersih-bersih, dilanjutkan dengan bersolawat dan beristigfar untuk memohonkan ampun dan bersyukur kepada Alloh karena dengan alam dan lingkungan ini ada sebuah perjalanan yang harus dikoreksi dan disyukuri.

Tudi menilai, kontribusi ini, menunjukkan bahwa seluruh lapisan masyarakat dapat ikut berperan dalam menjaga lingkungan.

“Semua harus berperan dalam menjaga lingkungan. Dan saat ini para santri pun ikut tertarik dalam menjaga lingkungan,” jelasnya.

Yudi juga berharap, selain menyiarkan agama, para santri ini nantinya dapat kembali menyiarkan akan pentingnya menjaga lingkungan ke masyarakat banyak. Dan kecintaan mereka terhadap lingkungan nantinya juga dapat dicontoh oleh masyarakat luas.

” Mereka ini kan akan menjadi dai-dai dan pendakwah untuk mensyiarkan agama. Selain itu juga mensyiarkan bagaimana pentingnya menjaga lingkungan yang telah di ungkapkan dalam syariat Islam,” pungkasnya. (Yul)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan