Sampah di Pasar Sayati Terus Menggunung

SOREANG – Puluhan pe­dagang di Pasar Sayati Indah, Kabupaten Bandung ter­paksa tidak bisa berjualan sebab lokasi kios yang di­gunakan untuk berdagang tertutupi oleh tumpukan sampah. Sementara itu, pengangkutan sampah dila­kukan oleh pihak Pemerin­tah Kabupaten Bandung berjalan tidak rutin.

Salah seorang pedagang yang tergabung di Himpunan Pedagang Pusat Pembelan­jaan Sayati Indah (HIPPPSI), Ahmad (51) mengungkapkan sampah menumpuk di Pasar Sayati dibiarkan menggu­nung sudah lama terjadi dan tidak sering diangkut bak sampah.

”20 kios tertutup dan tidak beroperasi akibat sampah yang menumpuk. Disini itu, kalau sampah diangkut dan bersih terus lama lagi gak diangkut,” ujarnya saat be­rada di Soreang, Kabupaten Bandung, Kemarin (3/10).

Da mengungkapkan, ke­tika di konfirmasi ke Ke­pala UPT Margahayu, tidak bisa memberikan keterang­an pasti menganai pengang­kutan tumpukan sampah tersebut. Sehingga, pedagang kecewa dengan kondisi pa­sar yang bertahun-tahun menumpuk dan jarang di­angkat.

Hal yang sama dikatakan salah seorang pengunjung Pasar Sayati, Hidayah menga­ku kaget dengan kondisi bagian belakang pasar Say­ati yang dipenuhi sampah dan menutup akses kios yang berjualan.

”Kalau kondisi seperti ini, membuat pengunjung pasar meras enggan untuk be­lanja ke pasar. Seharusnya pemerintah menata pasar tradisional untuk memberi kenyamanan kepada peng­unjung,” tuturnya

Sementara itu, Kabid Peng­elolaan Sampah DLH Ka­bupaten Bandung, Febi Siti Jubaedah Kabupaten Bandung mengklaim pi­haknya tiap hari melaksana­kan pengangkutan sampah di Pasar Sayati, Margahayu, Kabupaten Bandung. Bah­kan, pengangkutan sampah sudah terjadwal dan dike­tahui langsung oleh kepala UPT Pasar serta pengelola pasar.

Dia beralasan, setiap hari kesulitan mengangkut sam­pah di pasar Sayati. Sebab, jalan menuju tempat pem­buangan sampah yang kecil. Bahkan, sampah yang be­rada di Pasar Sayati juga berasal dari sampah rumah tangga. Sehingga volumenya terus bertambah.

Dirinya menuturkan, dip­erlukan penambahan ar­mada mengatasi masalah sampah di Pasar Sayati dan sampah yang berasal dari luar pasar agar tidak dibuang kesana.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan