Sabet 6 Penghargaan Keselamatan Jalan

BANDUNG – Indonesia Road Safety Award (IR­SA) memberikan 6 pen­ghargaan kepada Pe­merintah Kota (Pemkot) Bandung. Sebab, dinilai menerapan tata kelola keselamatan jalan untuk masyarakat.

Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana yang mengha­diri sekaligus menerima pen­ghargaan mengatakan, pen­ghargaan ini diberikan oleh Indonesia Road Safety Award 2018 yang merupakan wujud apresiasi terhadap kinerja kota dan Kabupaten dalam penerapan progran tata kelo­la keselamatan jalan.

’’Dalam IRSA 2018, yang dilombakan 5 pilar dan Kota Bandung meraih penghar­gaan di dua pilar yaitu, jalan yang berkeselamatan dan pilar penanganan pra dan paska Kecelakaan,’kata Yana ketika ditemui keamrin. 13/12).

Selain dua penghargaan khusus, lanjut Yana, pihaknya juga menerima apresiasi se­bagai program inovasi terbaik dalam upaya meningkatkan tata kelola keselamatan jalan. Selain itu, penghargaan lain­nya adalah, Kota terbaik pada program edukasi keselamatan alan.

’’Nah, kita juga menjadi fi­nalis untuk Kategori Kota dengan Tingkat Kepadatan Penduduk Tinggi. Dengan semua prestasi tersebut, Kota Bandung meraih pen­ghargaan Pemenang Utama berupa tropi IRSA 2018,”kata Yana.

Atas sederet penghargaan tersebut, Wakil Wali Kota Bandung, Yana Mulyana mengaku sangat bangga dari hasil kerja keras dari semua pihak.

Yana berharap, Kota Bandung bisa terus meningkatkan upaya keselamatan di jalan raya. Sehingga bisa menekan dan mengurangi kecelakaan di jalan raya dengan terus beri­novasi sebab, yang terpenting adalah keselamatan di jalan raya semakin meningkat.

Perlu diketahui, data dari Korlantas Polri, 2017 tercatat sebanyak 98.414 kasus ke­celakaan lalu lintas atau turun sekitar 7 persen dibandingkan 2016 dengan jumlah 105.374 kasus. Dampak kecelakaan tersebut merenggut sekitar 24.213 jiwa pada 2017. Namun, angka ini turun sekitar 6 per­sen jika dibandingkan tahun sebelumnya yang merenggut 25.859 jiwa.

’’Walaupun mengalami penurunan setiap tahunnya, namin masih relatif tinggi dan diperlukan partisipasi dan kolaborasi semua pihak untuk memujudkan zero accident di Indonesia,”ucap Yana.

Tahun ini, acara penganu­gerahan IRSA 2018 dihadiri sejumlah menteri. Di antara­nya, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Prof. Bambang Permadi Soemant­ri Brodjonegoro dan peng­hargaan diberikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Ir. Budi Karya Sumadi. (yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan