RS Unggul Karsa Medika Miliki Sarana Akademik

MARGAASIH – Bupati Kabupaten Bandung Dadang M. Naser meresmikan rumah sakit Karsa Medika yang berdiri di lahan seluas 5 hektare di kawasan TKI 3, kecamatan Margaasih, kemarin (18/10).

Selain menyediakan fasiltas pada umumnya, rumah sakit ini menyediakan area akademik untuk mahasiswa calon perawat dan dokter dari Universitas Kristen Maranatha.

Direktur RS Unggul Karsa Medika, dr. Koko Sudjadi mengatakan, zona akademik dihadirkan untuk kegiatan akademik mahasiswa dan dosen dalam proses pembelajaran serta bimbingan praktek. sehingga, Rumah sakit ini didesain secara khusus tidak hanya untuk melayani pasien, tapi juga ada untuk pelayanan pendidikan.

Pihaknya berjanji tidak akan membeda-bedakan status pasien, bahkan sebanyak 50 persen pelayanan ditujukan untuk masyarakat tidak mampu, dalam hal ini para peserta BPJS Kesehatan.

“Rumah sakit UKM telah siap beroperasi melayani warga dan kami prioritaskan masyarakat yang berobat, tidak ada pembedaan pasien semua kami layani dengan baik,” kata Koko usai peresmian.

Meskipun baru dibuka, pihaknya akan memberikan pelayanan optimal dengan fasilitas yang lengkap. Di antaranya klinik bedah, klinik tindakan, klinik umum, klinik penyakit dalam, klinik anak, klinik saraf, klinik kulit dan kelamin dan kelinik kejiwaan.

“Untuk fasilitas pelayanan, kami memiliki pelayanan intensif seperti ICU, NICU, PICU, HCU juga ruang rawat inap I, II, III. Serta layanan penunjang seperti radiologi, laboratorium patologi klinik dan patologi anatomi, kamar bersalin, IGD, samapai pelayanan mata, obgyn dan trauma center juga tersedia,” jelasnya.

Ditempat sama, Rektor Universitas Kristen Maranatha Armien Zainal Rahmat Langi menuturkan, selama ini, mahasiswa calon perawat dan dokter melakukan praktek di berbagai rumah sakit yang hanya fokus melayani pasien.

“Ini menuju profesional dimana mahasiswa harus praktek, belajar di rumah sakit. Jadi rumah sakit itu menjadi kampus untuk mahasiswa melaju ke profesional,” ungkap Armien.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung drg.Grace Mediana Purnami mengakui, kehadiran rumah sakit ini sangat membantu proses pelayanan kesehatan bagi warga Kabupaten Bandung di Kecamatan Margaasih dan sekitarnya.

“Saya mendengar dari direktur Rumah Sakit Unggul Karsa Medika bahwasannya Rumah Sakit ini akan memberikan pelayanan kepada warga yang mengandalkan kepesertaan BPJS,” ucap Grace.

Tinggalkan Balasan