Rindu Sadar Belum Kuat

SOREANG – Bakal Calon Gubernur Jabar Ridwan Kamil- bersafari politik ke Kabupaten Bandung. Kedatangan pria yang karib disapa Kang Emil itu disambut baik warga Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.

Menurutnya, tidak mudah untuk mendulang suara atau dukungan di wilayah yang bukan basis partai pendukung Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum.

”Saya ini veteran pilkada, tidak ada yang mudah. Lemah di sini kuat di sana. Jangan dihitung dari satu kabupatennya saja. Kota kabupaten di Jabar ada 27, saya sudah memulai (atau) menstart satu tahun (lalu) mencicil (dukungan), makanya dua minggu terakhir saya tidak terlalu ngabret (gencar mendulang suara) karena saya umrah dulu,” papar kata Emil di Desa Pamekaran, Kecamatan Soreang, kemarin (11/2).

Menurutnya setelah penetapan pasangan Rindu (Ridwan-Uu), baik Emil ataupun Uu akan intensif kampanye ke Kabupaten Bandung. Dia merasa memang kurang intensif karena sebelumnya masih terhalang pengabdian sebagai Wali Kota Bandung.  ”Kalau sudah cuti mah kan tiap hari hari bisa kesini,” ungkapnya.

Meski Kabupaten Bandung bukan basis partai yang mendukung Ridwan-Uu, dia optimistis mendapatkan raihan banyak suara di Kabupaten Bandung. Sebab, unsur kedekatan wilayah.

”Sebanyak 50 persen (pemilih) mudah-mudahan bisa lebih. Sebab, di  Kota Bandung target 75 persen. Ini kan ada keterpengauhan karena rata-rata suka piknik ke Bandung dan mengaspresiasi. Orang yang simpati ke saya rata-rata orang yang secara fisik melihat langsung perubahan. Mudah-mudahan itu dipahami, walaupun saya tahu pak bupatinya partainya beda, jadi tantangannya beda,” urainya.

Sebelumnya, Indonesia Strategic Institute (Instrat) menunjukkan ada penurunan tingkat elektabilitas Ridwan-Uu yang menorehkan angka 25,6 persen, setelah pada 2016 dan 2017 meraih 28 persen. Pria berkacamata hitam itu, menanggapi santai hasil survei tersebut.

”Masih ada lima bulan, karena kita belum ngabret (gencar), saya mah menghormati etika kepala daerah. Saya tidak mengambil hari kerja untuk sosialisai. Saya fokus ngurusi warga Bandung sampai besok ada groundbreaking monorel dan lain-lain. Nanti setelah cuti, sok tinggali subuh nepi ka subuh (kita lihat dari subuh sampai subuh) saya ada di mana-mana, nanti surveinya meningkat,” jelasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan