Rindu, dari Laja Hingga Lemper

Bandung — Pasangan Cagub Ridwan Kamil dan Cawagub Uu Ruzhanul Ulum (RINDU) punya banyak makanan khas yang ingin ditawarkan dan dirasakan kebermanfaatannya oleh seluruh warga Jawa Barat.

Pasangan RINDU setidaknya memiliki sembilan sajian bumbu dan makanan khas yang ditawarkan, mulai dari Laja, Semur, Jamu, Opak, Wajit, Cikur, Talas, Lemper, hingga bubur. Beragam sajian bumbu dan makanan khas tadi adalah program unggulan sekaligus sembilan ide jitu dari pasangan RINDU.

Menurut Koordinator Tim Pakar dan Materi pasangan RINDU, Ridwansyah Yusuf, penamaan program-program unggulan RINDU dengan nama-nama kuliner adalah agar gampang dingat saat disosialisasikan kepada masyarakat.

LAJA adalah singkatan dari Lapangan Pekerjaan. Pasangan RINDU berkomitmen untuk membuka seluas-luasnya kesempatan kerja untuk berbagai latar belakang pendidikan dengan mendorong dibukanya industri padat karya, lahirnya wirausaha baru dan kemudahan berbisnis bagi UMKM.

Menu berikutnya adalah SEMUR atau Sembako Murah. Lewat SEMUR, pasangan RINDU akan berusaha untuk menjaga stabilitas harga sembako dengan memastikan mata rantai pertanian yang efisien, kepastian ketersediaan sembako dan mendorong peningkatan produksi pertanian.

Di urutan ketiga ada JAMU, yang dalam kehidupan sehari-hari merupakan minuman tradisional yang membuat tubuh menjadi sehat. “Bagi pasangan RINDU, JAMU atau Jalan Mulus adalah komitmen untuk membangun jalan mulus 100 persen tak hanya di kawasan perkotaan, juga hingga ke desa-desa, pedalaman dan daerah perbatasan provinsi Jawa Barat dengan provinsi lainnya,” ungkap Yusuf.

Nomor empat, ada OPAK. Penganan tradisional yang terbuat dari ketan dan menjadi kegemaran banyak kalangan. Melalui OPAK (One Product at One Kampung), RINDU akan menghadirkan satu desa menghasilkan satu produk yang dapat dipasarkan di seluruh Jawa Barat, Indonesia, bahkan dunia. ”RINDU akan mendorong untuk membantu promosi dan menyelenggarakan beragam pelatihan untuk meningkatkan kapasitas UMKM di Desa. Di sisi lain, BUMDes, akan didorong untuk berperan sebagai perusahaan yang mendorong berkembangnya produk-produk OPAK,” tegasnya.

RINDU juga akan mengembangkan WAJIT atau Pariwisata Jitu. Nantinya, RINDU akan mewujudkan program satu kabupaten/kota satu tujuan wisata. Baik itu wisata alam ataupun wisata buatan. Nantinya pemerintah provinsi akan mendukung penguatan akses infrastruktur dan promosi, serta mendorong lahirnya bisnis baru dan pariwisata, serta membuka lapangan pekerjaan baru.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan