Reservasi Hotel Masih Sepi

NGAMPRAH– Sampai saat ini, tingkat reservasi bebera­pa hotel di Lembang, Kabu­paten Bandung Barat masih sepi. Pemesanan hotel dip­rediksi akan meningkat sepe­kan menjelang pergantian tahun baru.

Sapto Wahyudi dari Mana­jemen Terminal Grafika Ci­kole menyebutkan, reservasi untuk tempat penginapan baru sekitar 40 persen.Namun, dia optimistis, reservasi me­ningkat tajam pada sepekan menjelang tahun baru.

“Tahun ke tahun memang seperti itu.Sekarang masih terbilang normal, tapi sepekan jelang tahun baru bakal me­ningkat tinggi,” ujarnya, Se­lasa (11/12).

Dia juga mengungkapkan, pihak manajemen menaikkan tarif penginapan sekitar 30 persen. Namun, hal ini bia­sanya tidak menjadi kendala bagi para tamu yang akan melakukan reservasi. Apala­gi, di tempat wisata tersebut ada beberapa kegiatan hibu­ran menjelang tahun baru.

Hal senada diungkapkan Ade Mardiah, General Manager Novena Hotel di Lembang.Menurut dia, reservasi kamar di hotel tersebut baru sekitar 30 persen dan biasanya me­ningkat beberapa hari men­jelang tahun baru.

“Setiap menjelang tahun baru biasanya penuh.Faktor cuaca seperti sekarang tidak begitu berpengaruh.Namun, keluhannya biasanya macet,” ujar Ade seraya menambah­kan, pihak manajemen juga menaikkan tarif khusus untuk okupansi menjelang tahun baru.

Dia juga mengungkapkan, manajemen juga menggelar berbagai kegiatan hiburan pada malam tahun baru.Se­mentara itu, para pengunjung hotel tersebut biasanya masih didominasi warga domestik.

Seperti diketahui, wilayah Lembang dan sekitarnya ma­sih menjadi destinasi favorit untuk menghabiskan liburan, seperti Natal dan tahun baru. Hal ini tidak terlepas dari ke­beradaan sejumlah objek wisata alam dan swafoto, se­perti Tangkubanparahu, The Lodge, Maribaya, Farmhouse Susu Lembang, dan Floating Market.

Kabid Teknik dan Prasarana pada Dinas Perhubungan Bandung Barat, Fauzan menga­kui, hingga kini kawasan Lembang dan sekitarnya ma­sih menjadi destinasi wisata favorit bagi para pengunjung dari luar daerah.Akibatnya, kawasan ini kerap tersendat lantaran volume kendaraan meningkat tajam.

Selain akibat lebar jalan yang tak sebanding dengan volume kendaraan, kema­cetan juga disebabkan lahan parkir yang disediakan para pengelola tempat wi­sata tidak mencukupi.Aki­batnya, parkir kendaraan sering kali meluber ke bahu jalan dan memperparah kemacetan lalu lintas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan