Renovasi Taman Bertahap

SOREANG — Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimtan) Kabupaten Bandung berencana akan terus membuat taman-taman diberbagai wilayah Kecamatan sebagai penyediaan fasilitas ruang terbuka hijau untuk masyarakat.

Kepala Disperkimtan Kabupaten Bandung, Erwin Rinaldi mengungkapkan, pembangunan taman-taman baru disetiap kecamatan akan dilakukan secara bertahap. Sebab, untuk tahun ini anggaran yang dialokasikan belum difokuskan sepenuhnya untuk penataan taman.

Kendati begitu, dia mengklaim untuk pemeliharaan taman pihaknya telah melakukannya secara rutin dan terus-menerus. Terlebih keberadaan taman di lingkungan Perkantoran.

Alhamdulillah keberadaan taman ini di manfaatkan oleh warga, hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat yang sering berkumpul di taman,” jelas Erwin ketika ditemui kemarin. (2/8).

Dia mengatakan, Kabupaten Bandung sendiri selama ini sudah memiliki berapa taman di antaranya Taman Uncal, Taman Pacantel, Taman Anak, Taman Perpustakaan dan taman-taman yang sengaja di buat disetiap alun-alun kecamatan.

Erwin mengakui untuk taman perpustakaan memang belum memiliki fasilitas lengkap. Sebab, pihaknya sedang berskoordinasi dengan Dinas Perpustakaan dan Kerasipan (Dispusip).
“Untuk Taman Perpustakaan lebih ke Bookless Library Sistem, jadi nanti ditambah wifi dan fasilitas penunjang lainnya. Kemudian Taman Anak tinggal ditambah fasilitasnya,” kata dia.

Dia menuturkan, untuk taman di setiap kecamatan pihaknya lebih kepada penataan alun-alun untuk menjadi tempat berkumpulnya warga.

Revitalisasi Alun-alun Ciparay, Majalaya, Cicalengka, Banjaran dan Taman Kota di Baleendah sudah diperbaiki dan akan terus disempurnakan dengan pemeliharaan dibebankan kepada masing-masing kecamatan,”

Erwin menambahkan, untuk pembuatan taman akan terus dilakukan seperti adanya ajuan Taman PKK yang mungkin bisa dibangun sendiri oleh tiap kecamatan.

Contoh Dishub, baru-baru ini membangun Taman Pacan-Tells. Jadi semua bisa bergerak dan menata, kata dia. (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan