75

Relawan Pohon, Tanami SOR Arcamanik

PEDULI LINGKUNGAN: Para relawan pohon melakukan penanaman pohon di area lahan Sport Jabar agar menjadi daerah resapan air.

BANDUNG – Relawan Pohon, menggelar kegiatan penana­man berbagai jenis bibit po­hon buah-buahan di Area Sarana Olah Raga Arcamanik (SOR). Aksi lingkungan ini dilakukan agar tempat terse­but kedepan akan menjadi rimbun oleh pepohonan dan menjadi daerah resapan air.

Muhadi selaku penanggung jawab kegiatan di dampingi Harri Safiari dari Gerakan Hijau Kota Bandung menga­takan, kegiatan tersebut ada­lah gabungan dari Forum Peduli Pohon (FPP). Berupa bentuk kepedulian dari ber­bagai anggota/pengurus LSM dan Ormas di Kota Bandung.

’’ Ada LSM Jangkar, GMBI, PP, Cadas, Jaga Sekek, YPLTS serta dari lembaga WALHI Jabar,” jelas Muhadi ketika ditemui kemarin. (9/12).

Dia menuturkan, sebenarnya gerakan penanaman pohon sudah pernah dilakukan oleh kelompok atau paguyuban masyarakat beserta pemerin­tahan terkait. Bahkan tidak sedikit dana atau anggaran yang telah digelontorkan.

Dia menilai, menanam poho memberikan manfaat­terutama untuk menghasilkan oksigen. Bahkan, pohon-pohon yang ditanam ini akan menghasilkan buah-buahan.

Dikatakannya, terlaksananya kegiatan ini berkat dukungan segenap lapisan masyarakat yang peduli akan pentingnya lingkungan (penanaman pohon-red).

”Kami ucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Olah­raga dan Pemuda (Disorda) Jabar, Prof.DR.H.Yudha M. Saputra, yang telah membe­rikan tempat untuk penana­man pohon buah.

Selain itu, rasa terima kasi­hpun disampaikan kepada Ir.Diden Trisnadi,MP, selaku Kepala Dinas Pertanian Ta­naman Pangan dan Holtikul­tura Jabar, serta kepada Elly Wasliah, Kepala Dispangtan Kota Bandung, yang telah menyediakan bibit tanaman buah yang kini telah tertaman di areal Sport Center Jabar.

”Hari ini sekitar 200 berba­gai jenis bibit pohon buah, seperti Duren, Rambutan, Jambu, Alpukat dan bebera­pa jenis buah-buahan lainnya,” kata dia.

koordinator lapangan Rela­wan Pohon Wawan menga­takan, kegiatan ini terseleng­gara berkat dukungan berba­gai pihak dan bentuk kepe­dulian lingkungan. Meng­ingat Ruang Terbuka Hijau (RTH) sudah banyak beralih fungsi.

Ditambahkannya, menge­nai masalah pemeliharaa­nya, Relawan Pohon akan memberdayakan para ang­gotanya terutama bagi yang bertempat tinggal disekitar lokasi penanaman bibit pohon tersebut.

”Kita akan mengajak ang­gota kita yang tinggalnya ber­dekatan dengan lokasi pena­naman, agar peduli dan ber­sedia memeliharanya,” ujar Kang Wawan. (ron/yan)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.