Real Madrid vs Numancia: Hindari Nasib Mirip Mourinho

87
Zinedine Zidane

MADRID – Tahun berganti, peruntungan pun bergeser. Jika di penghujung 2017 Real Madrid serta entrenador Zinedine Zidane dipuji sedemikian tinggi karena torehan luar biasa yakni meraih Lima trofi, maka awal 2018 ini semuanya berjalan seret.

Hasil imbang 2-2 lawan Celta Vigo di jornada pembuka tahun ini (8/1) membuat posisi Zidane terus disorot. Hasil imbang itu memperberat upaya Real mempertahankan gelar juaranya. Sampai kemarin (9/1) Real tercecer di posisi keempat serta tertinggal 16 angka dari Barcelona yang ada di puncak klasemen (32-48).

Salah satu jalan ‘menenangkan’ gejolak di tubuh Real adalah kemenangan di pertemuan kedua 16 besar Copa del Rey versus Numancia dini hari nanti (11/1) di Stadion Santiago Bernabeu. Tentunya tidak cuma menang yang diinginkan Madridista, melainkan ‘pesta’ gol di kandang sendiri.

Zidane sepertinya sudah siap menerima kondisi rumit seperti yang dialami saat ini. Dalam wawancara dengan majalah Football France, pria 45 tahun itu mengatakan kalau tak akan selamanya di Real.

”Saya tak akan terkejut ketika semuanya tidak berjalan dengan baik dan saya tahu bagaimana melakukan reaksi atas situasi seperti ini. Hari ini saya berada dalam zona berbahaya, namun saya tak akan berubah,” kata Zidane.

Ya, Zidane memang mendapat cecaran luar biasa soal rotasi pemain yang musim ini tek berjalan mulus. Juga lesunya Real di bursa transfer musim panas lalu. Pada bursa musim dingin ini, Real sepertinya juga bakal ‘adem ayem’. Tak seperti rival utamanya, Barcelona, yang sudah belanja dua pemain berbanderol lebih dari EUR 100 juta, yakni Ousmane Dembele serta Philippe Coutinho.

Tak heran dengan segala situasi sulit yang dihadapi Zidane saat ini Marca mencoba meramal kalau kiprah Zidane di Valdebebas tak akan lama lagi. Malah harian Spanyol itu mengkomparasi Zidane dengan musim Mourinho setelah mempersembahkan trofi La Liga. Zidane kebetulan pelatih pasca Mourinho yang bisa memberikan kemenangan di La Liga musim 2016-2017 lalu.

Nah, pasca memberikan mahkota La Liga musim 2011-2012, musim berikutnya 2012-2013, Mourinho gagal mempertahankannya. Di akhir musim, Real finis runner-up dengan margin poin 15 di belakang Barca (85-100).

”Zidane pada musim 2017-2018 dan Mourinho 2012-2013 mengalami jumlah kehilangan poin yang hampir sama di lima laga awal. Jika Zidane kehilangan tujuh poin (dua menang, dua seri, dan sekali kalah), maka Mourinho kehilangan delapan poin (dua menang, sekali seri, dan dua kalah),” analisis Marca kemarin.

Meski kondisinya terjepit Zidane tetap rileks. Bapak empat anak itu meski tak mau bicara soal mempertahankan gelar namun Zidane masih menyisakan optimisme tetap kompetitif sampai akhir musim.

”Saya ingun membuktikan kalau saya juga seorang pelatih yang bagus pada masa-masa sulit. Tekanan dari pihak luar tak akan berpengaruh bagi saya,” ucap Zidane. “Saya mengisolasi diri saya (dari tekanan pihak luar) karena itu akan esensial dan saya tahu bagaimana melindungi diri sendiri,” tambah pria yang memungkasi karir pasca insiden penandukan bek Italia Marco Materazzi di Piala Dunia 2006 itu.

Optimisme Zidane mendapat dukungan dari bintang Real peraih lima kali Ballon d’Or Cristiano Ronaldo. Dalam akun Instagram-nya Ronaldo menunjukkan sedang mengasah diri di pusat kebugaran. “Tak peduli seberapa lama badai datang, matahari kan tetap bersinar dari balik awan,” tulis Ronaldo. (dra)

Susunan Pemain

Real Madrid (4-3-3) : 13-Casilla (g) ; 19-Hakimi, 3-Vallejo, 6-Nacho (c), 15-Hernandez ; 20-Asensio, 23-Kovacic, 24-Ceballos ; 17-Vazquez, 21-Mayoral, 11-Bale
Pelatih : Zinedine Zidane

Numancia (4-3-3) : 1-Munir (g) ; 17-Medina, 16-Gutierrez, 5-Calvo, 3-Ripa (c) ; 18-Sierra, 6-Perez, 22-Larrea ; 23-Nieto, 9-Marin, 12-Milla
Pelatih : Jagoba Arrasate

Stadion Santiago Bernabeu, Madrid
Wasit : Jose Munuera Montero
Asian handicap
Real Madrid vs Numancia   0 : 2 1/4

~ads~

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.