Puteri Indonesia Jawa Barat 2018 Menjadi “Tamu Spesial” Komunitas Creavill

BANDUNG – Komunitas Creative Village (Creavill) Bandung kedatangan Puteri Indonesia Jawa Barat 2018, Tria Devitasari saat melaksanakan kegiatan pelatihan dan simulasi Participatory Rural Appraisal (PRA) di Lengkong Besar, Bandung, Minggu (18/3) lalu. Kedatangan wanita yang kini berusia 21 tahun itu merupakan bentuk dukungannya kepada Komunitas Creavill.

Kegiatan simulasi PRA merupakan salah satu rangkaian program kerja Komunitas Creavill yang diberikan kepada relawan angkatan baru sebagai pembekalan sebelum terjun langsung ke desa binaan.

Tria mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat inspiratif dan positif. ”Kegiatan ini sangat menyenangkan. Selain itu melihat semangat dari rekan Creavill untuk menebar kebaikan, khususnya dalam dunia literasi dan pemberdayaan masyarakat. Hatur nuhun Creavill Bandung,” dilansir dari akun instagram pribadinya.

Ketertarikan wanita kelahiran Garut ini terhadap Komunitas Creavill bermula ketika temannya tergabung di Komunitas Creavill Garut. Dari temannya tersebut Tria menjadi tahu jika Komunitas Creavill berfokus pada kegiatan pemberdayaan masyarakat desa dengan mengoptimalkan semangat kerelawanan dan kedermawanan para pemuda bangsa.

Saat ini, Creavill sudah membina 8 desa di Garut, dan 1 desa di Kota Bandung. Untuk wilayah Bandung, desa binaan pertama berlokasi di Desa Pasirlangu, Cisarua, Kabupaten Bandung Barat. Target desa binaan selanjutnya yaitu di Kelurahan Braga, salah satu tempat iconic di pusat Kota Bandung. Di desa binaan tersebut, Creavill memiliki dua program utama untuk diterapkan, yaitu Rumah Baca Kreatif dan program OVOP-OVOB (One Village One Product – One Village One Brand).

Bagi Tria Devitasari yang lahir di Garut dan mengenyam pendidikan di Kota Bandung, Creavill menjadi salah satu jalan untuk berkontribusi bagi tempat lahir dan tempat domisilinya saat ini. Tria optimis dapat mengajak generasi muda untuk mengubah masa depan bangsa melalui Creavill, dimulai dari lingkungan yang ada di dekatnya.

“Saya berharap komunitas ini lebih berkembang dan maju, lebih dikenal di Indonesia. Dengan bergabungnya saya semoga dapat membantu Creavill untuk menyuarakan pembangunan penduduk dan masyarakat indonesia,” ungkap Tria saat ditemui seusai simulasi PRA.

Semangat Tria untuk bergabung di Creavill, mengantarkannya menjadi Duta Creavill Indonesia pertama. ”Ramah, dapat bekerja sama, dan kompak,” jawab Tria saat ditanya tentang kesan pertamanya bertemu relawan Creavill Bandung.

Tinggalkan Balasan