Puskesmas DTP Minim Fasilitas

NGAMPRAH – Sebelum melaksanakan rapat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dilaksanakan di Kecamatan Gununghalu, Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna melakukan inspeksi ke Puskesmas Dengan Tempat Perawatan (DTP) Gununghalu sebagai salah satu fasilitas yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Dalam inspeksi tersebut, Bupati mendapati kondisi Puskesmas yang masih jauh dari harapan karena dinilai minim fasilitas sehingga perlu ada tambahan di tahun depan.

“Saya rasa masih banyak fasilitas yang harus ditambahkan dan diperbaiki. Karena fasilitasnya masih minim. Saya menginstruksikan Kepala Dinas Kesehatan untuk melakukan pembenahan di puskesmas ini agar pelayanannya jadi lebih baik. Saya tidak ingin mengecewakan masyarakat,” ujarnya, kemarin.

Beberapa fasilitas yang didapati tidak layak pada kesempatan tersebut di antaranya, adanya tempat tidur yang kurang memadai, adanya ruangan perawatan yang bocor serta areal parkir yang terlalu sempit untuk sebuah Puskesmas DTP.

“Selain meningkatkan kualitas fasilitas perawatan, saya juga menginginkan adanya peningkatan pelayanan. Dan semuanya harus siap dan layak di tahun depan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hernawan menanggapi positif kritisi yang dilontarkan tersebut. Sebab, dia memandang Puskesmas DTP Gununghalu memang membutuhkan perbaikan dan penataan yang lebih serius.

“Ditinjau dari sisi kesehatan, kondisi ruang rawat inap di puskesmas tersebut memang masih kurang, sehingga rentan terjadi penularan penyakit kepada keluarga pasien yang menemani. Jadi, saya memandang positif sebagai motivasi kami untuk bekerja dan melayani masyarakat dengan lebih baik lagi,” ujarnya.

Selain itu, sisi kenyamanan pasien dan pengunjung juga akan lebih ditingkatkan lagi. Hernawan menuturkan, bahwa pada perubahan anggaran akhir tahun ini akan dilakukan perbaikan pada beberapa bagian kecil saja. Sedangkan secara menyeluruh akan dianggarkan kembali pada anggaran murni 2019.

“Tahun depan, kami akan lebih fokus melakukan penataan terhadap puskesmas ini. Dengan demikian jika ditunjang dengan fasilitas dan bangunan yang memadai, kami yakin pelayananpun akan jauh lebih prima,” pungkasnya. (drx)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan