PUPR Siapkan Ribuan PJU

SOREANG – Pemerintah Kabupaten Bandung Melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) akan memasang ribuan lampu penerangan jalan umum (PJU) yang akan dipasang di wilayah Kabupaten Bandung tahun ini.

Kepala Unit Pelaksana Tehnik (UPT) PJU Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Kunaefi mengatakan bahwa pemasangan ribuan lampu PJU ini akan dilakukan di lingkungan masyarakat dan jalan raya agar warga bisa beraktivitas dengan nyaman di malam hari.

“Tahun ini ada program pemasangan baru PJU 1500 titik yang tersebar di wilayah se kabupaten Bandung. Agar warga bisa beraktivitas dengan nyaman saat malam hari,” kata Kunaefi saat ditemui di ruangan kerjanya kemarin, (21/3)

Menurutnya, nantinya ribuan lampu itu disebar di 31 kecamatan di wilayah kabupaten Bandung. Karena rencana pemasangan intalansi baru PJU, hampir 90 persen dari pengajuan langsung masyarakat yang disampaikan sebagai aspirasi warga dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) kabupaten Bandung.

“Dari 1.500 titik, 90 persen di antaranya merupakan aspirasi masyarakat yang disampaikan dalam program musrenbang,” ungkapnya.

Setiap tahun, lanjut kunaefi pemasangan intalansi PJU terus dilakukan. selain memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam beraktivitas malam yang disampaikan melalui musrenbang juga untuk mendorong program pemerintah kabupaten Bandung dalam mensukseskan program seribu kampung.

“Untuk mendorong program bandung seribu kampung, secara sabilulungan memberikan pelayanan untuk memberikan kenyamanan masyarakat dalam beraktivitas di malam hari,” akunya

Selain akan melakukan pemasangan baru PJU, pihaknya juga terus melakukan pemeliharaan dan perawatan PJU yang sudah ada secara rutin. Dirinya setiap malam terus melakukan penyisiran karena dihawatirkan ada PJU yang Padam.

“Setiap malam secara rutin kami melakukan pemantauan barangkali ada PJU yang padam, apalagi di titik titik yang sepi,” cetus dia.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, beberapa bulan ke depan datang bulan ramadhan. Oleh karena itu, pihaknya mempersiapkan sarana dan SDM untuk melakukan peninjauan jalur yang biasa digunakan sebagai akses mudik.

“Jelang bulan Ramadan kami, terus melakukan pemeliharaan dan perawatan khususnya dijalur yang biasa diginakan akses mudik,” pungkasnya (rus/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan