PSSI Sebut Liga 1 Akan Kembali Bergulir

JAKARTA – Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) secara resmi mencabut status penghentian sementara Liga 1 Indonesia musim 2018. Kompetisi kasta tertinggi Tanah Air tersebut harus dihentikan sebagai akibat dari insiden pertandingan Persib Bandung kontra Persija Jakarta beberapa waktu lalu.

Hal itu dijelaskan dalam surat bernomor 4302/UDN/1958/X-2018 tertanggal 1 Oktober 2018, menindaklanjuti surat PSSI pada tanggal 25 September 2018 bernomor 4188/UDN/1909/IX-2018 perihal penghentian sementara Liga 1 2018, merujuk pada sidang Komisi Disiplin PSSI dan surat permohonan dari Forum Silaturahmi Klub Liga 1 2018, PSSI memutuskan untuk mencabut status penghentian sementara Liga 1 2018.

”Dengan telah diputuskannya hukuman ini dari Komdis dan mengakomodasi permohonan dari forum silaturahmi klub Liga 1, maka PSSI mencabut status penghentian sementara Liga 1,” tutur Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria seperti dikutip situs resmi PSSI, kemarin (2/10).

Selain itu, induk sepak bola di tanah air itu juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) untuk kembali menggulirkan kompetisi pada 5 Oktober, mendatang.

”PSSI juga meminta PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi untuk dapat kembali menjalankan Liga 1 2018 terhitung mulai 5 Oktober 2018,” terangnya.

Anggota komite eksekutif (Exco) PSSI, Yoyok Sukawi juga membenarkan keputusan tersebut. Menurutnya, permohonan untuk menjalankan kompetisi kembali itu tidak hanya meminta kepada PT LIB saja. Ia menuturkan, permohonan izin menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 Indonesia itu juga meminta kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

”Iya kita meminta dan memohon kepada Pak Menteri Pemuda dan Olahrag (Menpora) Imam Nahrawi untuk menggulirkan kompetisi Liga 1 Indonesia kembali. Mudah-mudahan bisa diterima dan segera berjalan lagi (kompetisi),” ungkap Yoyok saat dikonfirmasi Fajar Indonesia Network (FIN), kemrin (2/10).

Menanggapi permintaan PSSI untuk menjalankan kembali kompetisi, PT LIB mengaku siap apabila federasi sepak bola Indonesia itu memintanya. Menurut CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya, pihaknya selalu mematuhi apapun yang diperintahkan oleh PSSI.

”Pada prinsipnya, kami mematuhi apa yang diperintahkan oleh PSSI. Sebagai operator kompetisi, kami akan melakukan apa yang harus dilaksanakan,” terang Risha dalam siaran tertulis yang diterima Fajar Indonesia Network (FIN), kemarin.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan