Proyek Cable Car Tunggu Izin Kemenhub

NGAMPRAH – Untuk mewu­judkan proyek cable car atau kereta gantung di kawasan wisata Lembang Kabupaten Bandung Barat, Badan Usa­ha Milik Daerah (BUMD) PT Perdana Multiguna Sarana (PMgS) Bandung Barat sedang mengajukan perizinan trase/ jalur ke Kementerian Perhu­bungan.

Proses ini merupakan ba­gian dari tahapan yang harus ditempuh terkait rencana pembangunan cable car yang akan menghubungkan se­jumlah tempat wisata yang menjadi ikon di Kawasan Bandung Utara (KBU).

“Tahapannya memang harus mengajukan izin untuk trase cable car ke pihak provinsi dan juga Kementerian Per­hubungan. Itu merupakan progres terbarunya yang kami lakukan,” kata Direktur BUMD PT PMgS Denny Ismawandi Ngamprah, kemarin.

Menurut Denny, perizinan trase itu menjadi krusial ka­rena jika disetujui maka menjadi starting point dalam melakukan pekerjaan be­rikutnya salah satunya ada­lah groundbreaking.

Jika awalnya trase yang akan dibuat dari titik awal objek wisata Farmhouse ke Floating Market lalu The Loudge, namun ada pergeseran titik menjadi Farmhouse-Floating Market-Pasar Panorama Lembang. Trase tersebut akan menjadi awal dan ke depan bisa terintegrasi ke sejumlah kawasan termasuk ke Wali­ni, Cikalongwetan.

Terkait biaya investasi dari proyek cable car ini, Denny belum menghitung secara rinci karena saat ini masih fokus kepada pem­buatan kajian kawasan. Se­mentara untuk hal-hal teknis belum karena kewenangan pihaknya adalah membuat konsep manajemen semen­tara pengerjaan fisik dilaku­kan oleh pihak ketiga.

Sejauh ini BUMD PT PMgS bersama PT Aditya Dharma­putra Persada yang bekerja sama dengan perusahaan asal Austria Dopplemayr mendapatkan kepercayaan untuk merealisasikan cable car di KBB.

“Untuk nilai kebutuhan in­vestasi belum rinci dihitung sampai ke sana, tapi kalau untuk rute Farmhouse-Flo­ating Market-Pasar Panorama Lembang tidak akan lebih dari Rp 1 triliun,” ujar dia.

Denny menilai perusahaan asal Austria Dopplemayr memiliki pengalaman pulu­han tahun dalam membuat cable car. Salah satunya ca­ble car yang ada di pegun­ungan Alpen, Austria yang keamanannya sangat terja­min. Sehingga dengan latar belakang itu dan rute di ka­wasan Lembang yang akan dilalui, faktor keamanan dan keselamatan akan menjadi prioritas dalam pembangu­nannya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan