Program Religi Berbalut Mantap Jiwa

BANDUNG – Calon Wakil Wali Kota Pilwalkot Bandung Yana Mulyana antara pembangunan fisik dan manusia menjadi salah satu fokus pasangan Oded M. Danial dan Yana Mulyana (Oya) untuk Kota Bandung. Dengan de­mikian, Yana memandang, pembangunan tidak hanya fokus pada infrastruktur, tapi juga peningkatan sumber daya manusia (SDM).

”Saya dan Mang Oded se­pakat, pembangunan tidak harus dari sisi fisik, tapi juga akhlak dan moral. Jadi ada keseimbangan dalam sebuah pembangunan dengan adanya energi positif dari SDM,” kata Yana saat ditemui di RW 04, Kelurahan Balonggede, Ke­camatan Regol, Kota Bandung, kemarin (21/2).

Menurutnya, salah satu pe­ningkatan dari sisi SDM ya­kni dalam bidang agama. Mewujudkan Kota Bandung yang agamis, dimana setiap warga pemeluk agama di­beri kebebasan untuk beri­badah sesuai agama yang dianut. ”Akhlak dan moral juga merupakan benteng pen­ting bagi warga. Tentu sebagai umat beragama termasuk Islam harus terus ditingkatkan,” katanya.

Salah satu program yang diupayakan pasangan Oya dalam bidang agama adalah Mantap Jiwa (Manusia Tang­guh, Patuh, Mengaji dan Ber­wibawa). Program ini bertu­juan membangunan karakter warga kota berbasis Keluhu­ran nilai-nilai Agama dan Budaya Sunda.

”Kami melihat untuk program subuh berjamaah sudah ber­jalan baik. Insya Allah maka magrib berjamaah juga akan dicoba terus,” ujarnya.

Program tersebut menekan­kan pentingnya peran nilai-nilai agama dan budaya luhur masyarakat Sunda dalam mem­bentuk karakter luhur warga kota dan menanggulangi se­jumlah permasalahan-perma­salah moral di Kota Bandung.

”Melalui program ini maka pemkot akan menjadi inisia­tor utama dalam menggalang kegiatan-kegiatan yang me­nyemarakkan tempat-tempat ibadah bagi seluruh agama. Sehingga tempat ibadah dapat menjadi basis bagi pembangu­nan manusia warga Kota Bandung,” tambahnya.

Selain meyampaikan ter­kait pembangunan SDM, Yana pun mendapatkan masu­kan dari warga terkai persoa­lan yang banyak dikeluhkan, terutama soal banjir, macet, sampah dan kesehatan. Dengan mendaptkan masukan dari warga, dia yang mendampingi incumbent maka beru­paya melanjutkan yang sudah baik dan memperbaiki yang belum beres. (pan/rie)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan