Program Kampung KB Tekan Angka Jumlah Penduduk di Indonesia

KAB. BANDUNG – Progam Kampung KB merupakan bentuk kepedulian dan Perhatian Dede Yusuf Macan Efendi terhadap masyarakat di Daerah Kabupaten Bandung, selaku Ketua Komisi IX DPR RI Periode 2014-2019. Hal itu dikatakana Mitra Kerja BKKBN H Dodo Hambali dalam sosialisasi Kampung KB di Desa Sukamukti Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Kamis, 11 Oktober 2018.

 

“Dede Yusuf Macan Effendi selaku Anggota DPR RI Komisi IX memiliki 7 mitra kerja yang salah satunya adalah Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). BKKBN adalah lembaga pemerintah non-kementerian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada presiden melalui menteri kesehatan,” ujar Dodo.

 

Menurutnya Sosialisasi Program Kampung KB ini penting dilaksanakan secara berkelanjutan agar menekan angka jumlah penduduk di Indonesia sekaligus membangun bangsa dimulai dari keluarga, agar keluarga sejahtera dan bahagia.

 

Sementara itu, Eka Supriati dari BKKBN Provinsi Jawa Barat, menyebutkan Keluarga Berencana memiliki program unggulan yaitu Kependudukan Keluarga Berencana Pembanguan Keluarga (KKBPK) dimana mempunyai 3 makna yaitu Kependudukan, Keluarga dan Pembangunan.

 

“Dimana dalam melaksanakan hal tersebut dibagi menjadi 3 jenis pembinaan yaitu, Bina Keluarga Balita (BKB) Bina Bina Keluarga Remaja (BKR) Bina Keluarga Lansia (BKL). Dalam melakukan 3 pembinaan tersebut harus dipadupadankan denga 8 fungsi keluarga yaitu, Agama, Sosial, Cinta Kasih, Perlindungan, Ekonomi, Pendidikan, Pelestarian Lingkungan, Reproduksi,” sambungnya.

 

Slogan Kampung KB “2 Anak Cukup Bahagia Sejahtera”

 

Sebagai tindak lanjut dari program Kampung KB maka hal terpenting adalah dengan membina keluarga. Keluarga yang bahagia sejahtera wajib mengimplementasikan 8 fungsi keluarga, yaitu:

 

  1. Agama, Keluarga yang baik adalah keluarga yang memiliki keyakinan akan keagaman yang kuat. Sehingga ketika suatu saat terjun ke lingkungan baru dia tidak akan tergerus oleh hal-hal yang negatif.

 

  1. Sosial, Keluarga adalah lingkup sosial terkecil dalam masyarakat. Sehingga manusia-manusia cerdas dan sehat akan tercipta dari lingkungan sosial keluarga yang baik pula.

 

  1. Cinta kasih, keluarga merupakan sarana dan prasana bagi individu untuk menyalurkan cinta kasih satu sama lain.

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan