Profesi Guru Pada Abad 21

409

WAKTU terus berjalan mengiringi perkembangan zaman. Abad 21 atau milenium ketiga semakin dekat. Tak dipungkiri, perkembangan teknologi dan komunikasi pun berkembang semakin cepat. Dalam hitungan detik dan sekali sentuh, segala bentuk komunikasi dapat dilakukan hingga seolah dunia begitu sempit. Begitulah perkembangan masyarakat dunia saat ini dan masyarakat pada khususnya yang kenyataannya sudah memasuki globalisasi.Perkembangan itu ditandai dengan cepatnya informasi sebagai kelanjutan dari masyarakat modern dengan ciri-cirinya yang bersifat rasional,berorientasi ke depan, terbuka, menghargai waktu, kreatif, mandiri dan inovatif.

Merembahnya teknologi dalam segala lapisan masyarakat menyebabkan masyarakat sadar akan kemajuan dan IPTEK. Berbagai teknologi seperti komputer, internet, faximilemenjadi hal yang selalu digunakan bahkan menjadi seperti teman setiap hari dalam menghadapi masalah. Perkembangan dalam bidang teknologi menyebabkan terjadinya perubahan pada kepribadian dan kebiasaan masyarakat. Masyarakat yang memiliki sikap modern dengan mengikuti zaman maju yang mampu mengembangkan diri dalam kehidupan yang serba modern dan memperoleh berbagai kemudahan dalam mengadakan eksplorasi terhadap hal-hal baru.

Dari keadaan ini, keberadaan suatu bangsa dengan bangsa lainnya menjadi satu dalam bidang sosial, budaya, ekonomi dan lain sebagainya. Itulah lukisan bagaimana keadaan pada abad 21, abad yang segera akan kita hadapi dengan berbagai kecanggihan dalam bidang teknologi. Sebagai manusia, perkembangan tidak mungkin dihindari atau bahkan dihapuskan. Tetapi, harus dihadapi dan digunakan sebaik-baiknya segala bentuk kemajuan teknologi yang telah mampu diciptakan karena hakikat dari pembentukan teknologi guna meningkatkan kesejahteraan manusia. Masa depan yang penuh keunggulan itu selanjutnya akan mempengaruhi dunia pendidikan baik dari sisi kelembagaan, materi pendidikan, guru, metode, sarana prasarana dan lain sebagainya.Hal tersebut menjadi tantangan yang harus dijawab oleh dunia pendidikan. Pendidikan disesuaikan dengan perkembangan zaman yang ada, begitu pula dengan guru yang memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Sosok guru juga disesuaikan dengan kebutuhan zaman.

Guru merupakan profesi tertua di dunia seumur dengan keberadaan manusia. Apabila melihat kehidupan masyarakat yang semakin terdiferensial dan ketika semua orang mempunyai banyak pilihan sebagai ladang kehidupannya, maka citra profesi guru kian merosot didalam kehidupan sosial. Apalagi masyarakat makin lama makin terarah kepada kehidupan materialistis, sehingga suatu profesi dinilai sesuai nilai materinya. Oleh sebab itu tidak heran bila profesi guru termarjinalkan dan menjadi pilihan terakhir.

Fenomena tersingkirnya profesi guru dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu gejala global. Tak hanya di negara-negara maju, citra profesi guru semakin menurun namun juga terjadi di negara miskin dan berkembang. Namun, tak ada golongan masyarakat yang tidak membutuhkan profesi guru. Tidak dapat dipungkiri bahwa masyarakat tanpa profesi guru tidak mungkin tercipta suatu generasi unggul, kreatif dan cerdas.

Secara konseptual guru sebagai tenaga profesional harus memenuhi berbagai persyaratan kompetensi untuk menjalankan tugas dan kewenangannya secara profesional, sementara kondisi riil di lapangan masih sangat memprihatinkan, baik secara kuantitas, kualitas maupun profesionalitas guru. Persoalan ini masih ditambah adanya berbagai tantangan ke depan yang masih kompleks di era global ini.

Guru pada abad 21 benar-benar merupakan guru yang profesional, agar mampu menghadapi tantangan abad 21. Untuk itu, seorang guru harus merubah mindsetnya dimana menghadapi masyarakat saat ini berbeda dengan abad 19. Kemudian seorang guru harus memiliki kemampuan beradaptasi yang baik di lingkungan pendidikan, khusunya di kelas saat mengajar.Lalu, seorang guru yang baik adalah seorang pemimpin yang baik. Seorang guru harus memiliki kemampuan untuk mendidik dan memimpin anak didiknya, mengarahkan bakat dan talenta sehingga dapat dieksplorasi dengan maksimal.Dan tak dipungkiri, guru abad 21 pun harus memiliki kecakapan melek informasi dan media agar proses pembelajaran yang dilakukan guru di kelas menarik dan menantang, maka di era globalisasi dan tanpa batas seperti sekarang ini guru harus mampu menganalisa, mengakses, mengelola, mengintegrasi, mengevaluasi, dan menciptakan informasi dalam berbagai bentuk dan media. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.