Produksi Susu Segar Capai 165 Juta Liter

NGAMPRAH – Kabupaten Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu wilayah penyumbang terbanyak produksi susu di Jawa Barat yakni mencapai 165 juta liter/tahun.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) KBB Undang Husni Thamrin mengatakan, jumlah populasi sapi perah mencapai 38 ribu ekor. Sedangkan, terbanyak berada di Kecamatan Lembang, Parongpong hingga Cisarua.

Menurutnya, jumlah populasi sapi perah di Lembang mencapai 19.000 ribu ekor sapi. Bahkan, kontribusi produksi susu segar KBB telah mencapai produksi skala nasional.

Kendati begitu, di KBB sendiri masyarakat masih rendah dalam mengkonsumsi susu sapi. Padahal, dalam satu hari, satu ekor sapi biasanya menghasilkan 15 sampai 20 per liter susu.

Undang mengakui, untuk keuntungan bagi para peternak memang belum begitu banyak diterima. Sedangkan untuk harga jual satu liter Rp 5 ribu. Padahal idealnya bisa mencapai Rp 7 ribu/liter.

Undang menargetkan, tahun ini produksi susu naik 2 persen. Hal itu dapat tercapai dengan terus bertambahnya populasi sapi perah didukung oleh ketersedian pakan yang berkualitas.
’’Kami optimis tahun dapat meningkat. kami selalu memantau kesehatan susu dari mulai memperhatikan pakan yang baik,’’pungkasnya. (drx/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan