PPDB Hari Pertama Membludak

CIMAHI – Hari pertama Pendaf­taran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), di SMAN 1 Cimahi, Jalan Pacinan, Kota Cimahi ra­tusan siswa yang hendak mela­kukan pendafataran telah ber­kumpul sejak pagi dengan membawa sejumlah persyaratan.

Sebagian siswa terlihat berin­teraksi dengan pihak panitia untuk menanyakan terkait PPDB tersebut, sementara panitia di SMAN 1 Cimahi terlihat sibuk melakukan input data.

Sekretaris PPDB SMAN 1 Ci­mahi, Apang Somana, menga­takan pada pelaksanaan PPDB hari pertama ini tidak ada ken­dala apapun, padahal siswa yang minat masuk ke SMAN 1 Cimahi cukup banyak.

”Kita sudah memproses input data, semua operator dalam men­jalankan tugasnya lancar, untuk sementara ini tidak ada kendala apapun,” ujarnya saat ditemui di SMAN 1 Cimahi, Senin (4/6).

Semua proses pendaftaran, kata Apang, baik itu operator maupun panitia yang lainnya menjalankan tugasnya dengan baik, sehingga proses PPDB tersebut berjalan lancar. ”Siswa yang datanya telah terinput sejauh ini baru 55 orang, tapi masih banyak di­luar yang kita akan proses pendaftarannya,” katanya.

Apang mengatakan, jalur PPDB yang paling banyak diminati di SMAN 1 Cimahi untuk sementara ini yakni jalur Keluraga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) dan jalur prestasi. Menurutnya, jika dilihat dari peluang masuk, sistem atau kebijakan zonasi ini lebih memudahkan ma­syarakat karena calon siswa yang lebih dekat dengan lo­kasi sekolah itu yang lebih banyak memiliki peluang.

”Tentunya lebih banyak mem­berikan peluang bagi masyara­kat dan calon siswa khususnya di Kota Cimahi,” kata Apang.

Sementara itu, di SMK Ne­geri 1 Kota Cimahi Jalan Mahar Martanegara, ratusan siswa mengantri untuk melakukan pendaftaran pada hari per­tama Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2018.

Mereka berlomba-lomba mendaftar agar tidak kehabisan waktu dan kehabisan kuota pendaftaran. Pada hari pertama pembukaan PPDB, pendaftar ke SMK Negeri 1 Cimahi sudah lebih dari 900 orang.

Dalam sehari, panitia pelaks­ana PPDB hanya melayani kurang lebih 330 pendaftar. Sedangkan nomor antrean yang belum terpanggil, akan dilayani keesokan harinya.

”Tentunya setiap hari akan kami layani, tapi disesuaikan dengan jam server pusatnya, kan sampai jam 16.00. untuk pendaftaran sampai hari Jumat, kemungkinan akan lebih ba­nyak lagi pendaftarnya,” ung­kap Ketua Panitia PPDB SMKN 1 Cimahi, Tedi Ahmad San­tosa, Senin (4/6).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan