Posisi Oded-Yana Melambung

BANDUNG – Lembaga survei Political Insight (Polsight) merilis hasil penelitian yang dilakukan periode 16-21 Mei terhadap pemilih di Kota Bandung. Hasilnya pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial-Yana Mulyana menang telak dengan menguasai setengah pemilih.

Penelitian yang bekerja sama dengan Direct ini dilakukan terhadap 400 responden di 23 kecamatan Kota Bandung yang dipilih secara acak proporsional. Sampel ditarik menggunakan teknik multistage random sampling dengan margin error sebesar 4,7 persen.

Peneliti Polsight Jafar Fikri Alkadrie mengatakan, dalam penelitian ini terdapat beberapa temuan menarik terutama dari segi elektabilitas Oded-Yana yang jauh unggul dibanding Nurul Arifin-Chairul Yaqin Hidayat dan Yossi Irianto-Aries Supriatna.

“Hasil survei menunjukkan tingkat elektabilitas Oded-Yana 54,1 persen unggul jauh dari Nurul-Ruli (Chairul) yang mendapatkan 23,4 persen dan Yossi-Aries 20,6 persen. Sementara yang belum menentukan pilihan hanya 1,9 persen,” ujar Jafar saat rilis di Unpad Training Centre, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, kemarin (30/5).

Jafar menilai, ada beberapa hal yang membuat hasil survei memenangkan Oded-Yana. Salah satunya responden menilai sosok Oded sebagai petahana Wakil Wali Kota Bandung dapat dipercaya meneruskan kerja Ridwan Kamil.

Selain itu, pola kampanye blusukan dengan berinteraksi langsung dengan warga juga turut mempengaruhi untuk memilih. Hal itu terbukti dari perolehan suara merata yang tersebar di enam wilayah pemilihan Kota Bandung.

“Pola interaksi yang sama terlihat mulai diikuti oleh pasangan Nurul-Ruli untuk meningkatkan elektabilitasnya,” katanya.

Hal lain yang membuat suara Oded-Yana melambung adalah pengaruh dari performa debat yang dilakoni selama masa kampanye. “Walau pun itu tidak signifikan jika dibandingkan dengan interaksi langsung para pasangan calon pada masyarakat,” ujar Jafar. (rls/yan)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan