Poligami, Yuki Pilih Mundur

BANDUNG – Tak setuju dengan pernyataan Grace Natalie terkait larangan po­ligami, Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Cirebon Yuki Eka Bas­tian mengundurkan diri dari jabatannya. Tidak hanya itu, Yuki juga mundur seba­gai calon legislatif DPRD Kota Cirebon.

”Saya mengundurkan diri sebagai ketua DPD PSI Kota Cirebon dan Caleg DPRD Dapil 3 karena diberlakukan­nya anti-poligami oleh PSI,” kata Yuki pada wartawan.

Dia menilai, Grace gagal menyampaikan pesan tole­ransi ke dalam politik praktis. Padahal partai tersebut selama ini mengklaim memper­juangkan toleransi di Indonesia.

”Poligami itu dalam Islam itu ada dan sudah diatur, (Pun dalam Atu­ran Nega­ra). Terlalu riskan ka­lau harus merubah undang-undang ter­sebut, karena mayoritas masyarakat beragama Islam,” jelas Yuki.

Menurutnya, Grace ter­lalu dini mengambil ke­putusan itu dan menetapkannya sebagai komit­men Partai yang harus ditaati dan dipatuhi ka­der serta pengurus. Publik bisa saja menilai, Grace ter­lihat arogan dalam menak­hodai partai politik.

”Saya pikir PSI terlalu pre­matur untuk mengeluarkan statment tersebut. Perlu di­kaji lebih dalam lagi, karena mayoritas kita adalah mus­lim,” katanya.

Meksi mundur secara tertulis sejak 13 Desem­ber 2018 lalu, Yuki tetap akan membantu pe­menangan PSI di Pe­milu 2019. ”Walau­pun demikian PSI tetap men­jadi partai yang baik dan saya akan men­dukung selalu te­man-te­man untuk maju di pencalegan,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Jawa Barat Iwan Koswara, membenarkan ter­kait pengunduran Yuki Eka Bastian sebagai Ketua DPD PSI Kota Cirebon.

”Kita sebetulnya awal­nya gak tahu kalau Yuki itu memang berpo­ligami, karena di kontrak kerja ca­leg itu sudah ter­cantum di awal­nya. Jadi caleg PSI itu memang tidak yang sedang lagi berpoligami,” ujar Iwan seperti dilan­sir RMOLJabar, kemarin (17/12).

Menurut Iwan, partainya tegas soal pengurus atau anggota yang berpo­ligami. Jika ditemukan, sanksi yang diberikan adalah dikeluarkan. (rmol/feb/ign)

Tinggalkan Balasan