Pesisir Selatan Jabar Akan Jadi Surga Maritim Dunia

SUKABUMI – Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi memiliki cetak biru penataan wisata maritim di kawasan pesisir selatan Jawa Barat. Menurut dia, kawasan tersebut dapat menjadi surga maritim dunia.

Mantan Bupati Purwakarta tersebut menyoroti eksotisme pantai pesisir selatan. Garis pantainya terbentang dari Sukabumi sampai Pangandaran. Akan tetapi, banyak potensi yang belum maksimal digarap oleh stakeholder terkait.

Hal tersebut dipaparkan Dedi saat menghadiri undangan warga setempat. Tepatnya, di Desa Kuta Jaya, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Selasa (12/6) malam.

“Grand design-nya, wisata pesisir selatan harus terintegrasi antara satu daerah dengan daerah lain. Pak Jokowi telah memberikan sumbangsih pembangunan infrastruktur untuk itu. Ke depan, ada bandara di wilayah selatan,” kata Dedi.

Debur ombak pantai selatan menurut dia, menjadi daya tarik tersendiri untuk para peselancar dunia. Di Pantai Hawaii Amerika misalnya, peselancar seringkali berebut ruang untuk dapat berselancar. Hal tersebut kata dia, tidak akan terjadi di pantai selatan.

“Kalau di sini, gelombangnya tinggi dan garis pantainya cocok untuk banyak peselancar. Jadi, tidak akan berebut seperti di Pantai Hawaii,” katanya.

Jawa Barat mewarisi peradaban maritim yang dibangun Prabu Linggabuana di tatar Galuh, Ciamis. Bersama puterinya, Dyah Pitaloka atau Citra Resmi, sang prabu berangkat menuju Kerajaan Majapahit dengan menggunakan kapal-kapal besar. Sunda Kelapa (kini Jakarta) merupakan kota pelabuhan milik Kerajaan Padjadjaran pada masa lalu.

“Identitas kita ini bangsa maritim. Kalau Pak Jokowi menyebut Indonesia sebagai poros maritim dunia, maka kita siapkan Jawa Barat ini sebagai poros maritim nusantara,” tuturnya.

Berdasarkan data pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jawa Barat, terdapat 147 pantai di kawasan selatan. Menurut Dedi, temuan ini merupakan peluang untuk menciptakan objek wisata alternatif. Selama ini, masyarakat hanya mengenal Pantai Santolo, Pangandaran dan Pelabuhan Ratu.

“Akses pariwisata akan membuka pertumbuhan ekonomi baru. Masyarakat nanti bisa menjual produk kreatif mereka. Kesenian khas juga bisa ditampilkan untuk para wisatawan,” ucapnya.

Peningkatan Sumber Daya Manusia

Kunci utama menuju orientasi tersebut ditegaskan Dedi adalah melakukan peningkatan sumber daya manusia. Bahkan, dia menyebut sektor pendidikan sebagai basis yang harus dikuatkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan