102

Persebaya Takluk dari Barito Putera di GBT

1 Persebaya vs Barito Putera 2

Persebaya Surabaya kalah di kandang sendiri, pada pekan ketiga Liga 1

SURABAYA – Persebaya tak bisa tampil maksimal di laga perdananya di kandang dalam mengarungi kompetisi Liga 1 2018. Menjamu Barito Pu­tera, skuad Green Force harus bertekuk lutut 1-2.

Sedangkan bagi Barito Pu­tera, kemenangan atas Per­sebaya ini semakin berkesan karena ini adalah poin tiga pertama pasukan Jacksen F Tiago musim ini. Pada dua pertandingan sebelumnya Barito Putera dikalahkan Ma­dura United 1-3 di laga per­tama dan bermain imbang 2-2 dengan Persipura Jaya­pura di pertandingan kedua. Bertanding di Stadion Gelora Bung Tomo, Minggu (8/4) Persebaya dan Barito Putera saling serang pada awal-awal pertandingan.

Gavin Kwan Adsit yang dalam laga ini bermain sebagai penyerang sayap mengancam gawang tuan rumah pada menit kelima. Sayang, ten­dangan Gavin masih lemah dan bisa ditangkap kiper Miswar Saputra.

Skuad Green Force memba­las serangan Barito Putera melalui tendangan kaki kiri Ruben Sanadi. Namun, ten­dangan mantan pemain Per­sipura itu masih jauh dari sasaran. Persebaya akhirnya unggul lebih dahulu melalui tendangan kerasa bek kanan Abu Rizal dari sudut sempit pada menit ke-17 usai me­manfaatkan umpan Nelson Alom, gol ini awalnya seper­ti pembuka untuk gol-gol berikutnya.

Namun setelah tuan tumah harus kehilangan Ottavio Dutra yang mengalami cedera. Dutra ditarik keluar menit ke-24 dan digantikan M Syaifuddin, Per­sebaya sedikit keteteran.

Kehilangan Otavio Dutra terlihat jelas dalam pertan­dingan kali ini. Lini belakang Persebaya kewalahan mela­deni duel-duel udara dari Barito Putera. Buktinya, ha­nya 10 menit setelah gol Persebaya, Barito Putera sukses menyamakan kedu­dukan berkat sundulan Dou­glas Packer menyambut tendangan bebas Nazar Nurzaidin menit ke-27. Ke­dua tim pun harus berbagi skor 1-1 di babak pertama.

Tidak ingin dipermalukan tim tamu Barito Putera, Per­sebaya kembali bermain agresif di babak kedua. Pemain-pemain Laskar An­tasari pun harus menjatu­hkan pemain Persebaya dan membuat pelanggaran agar gawang mereka tidak kem­bali bobol untuk kali kedua dalam laga itu.

Kerap menyerang tim lawan justru membuat Persebaya terlena dengan lini pertahanan. Barito Putera berbalik unggul 2-1 setelah Paulo Sitanggang membobol gawang Persebaya menit ke-70 memanfaatkan umpan Gavin Adsit. Persebaya menarik David da Silva demi memberikan tempat untuk Irfan Jaya pada menit ke-74.

Ketika bermain tanpa pemain jangkung, Persebaya justru menghujani gawang Barito dengan bola-bola lambung. Akibatnya serangan Persebaya selalu sia-sia karena berhasil dibaca dengan mudah oleh kiper Aditya Harlan.

Penderitaan Persebaya se­makin lengkap karena bek Rachmat Irianto tidak bisa melanjutkan pertandingan karena cedera. Sedangkan slot pergantian pemain telah ha­bis. Persebaya harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-82.

Barito Putera hampir me­nambah keunggulan andai sepakan Rizky Pora pada menit ke-90 tidak menyam­ping di kanan gawang Miswar Saputra. Skor 2-1 untuk ke­menangan tim tamu Barito Putera tak berubah hingga laga usai.

Hingga peluit panjang di­bunyikan wasit, tidak ada lagi gol yang tercipta dalam laga tersebut. Barito Putera sukses meraih tiga poin da­lam pertandingan kandang­nya usai menang 2-1 atas Persebaya. Kekalahan itu menjadi yang pertama bagi Persebaya di musim ini. Ke­kalahan ini semakin meny­esakkan karena sejak awal pelatih Alfredo Vera mema­tok poin penuh, sebagai kado untuk peringatan me­ninggalnya legenda Persebaya Eri Irianto.

Pada pertandingan berikut­nya, Persebaya akan bertan­dang ke markas PS TIRA di Stadion Sultan Agung pada Jumat (13/4), sedangkan Ba­rito Putera menjamu PSM Makassar satu hari berikutnya. (sam/rak/ign)

Loading...

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.