Perkembangan Kopi Sangat Menjanjikan

CIMAUNG – Pekembangan kopi di tanah air saat ini semakin menjanjikan. Bahkan, sudah menjadi gaya hidup bagi kalangan muda untuk berdiskusi atau sekedar ngobrol di kedai-kedai kopi.

Menteri Komunikasi dan Informatika RI Rudiantara mengatakan, saat ini meminum kopi lagi tren di Indonesia, baik menkonsumsi kopi, memproses kopi, memproduksi kopi. Sehingga, keberadaan kopi ini tumbuh.

Dia menilai, pada jaman dulu kopi hanya orang tua. Namun, sekarang anak muda ngopi dimana-mana, apalagi generaso milenial yang selalu ingin tampil eksis dengan nongkrong di kafe.

’’Jadi kalau ada orang viral kopi jenis apa dan dimana kalau belum nyobain belum milenial,’’ kata Rudiantara ketika berkunjung ke Pemkab Bandung kemarin (26/3)

Dia mengaku, karena trennya kopi, kedua anaknya menjadi pelaku kopi, sehingga berbisnis kopi dan membuka Cofee Shop di wilayah Bali. Hal ini, menjadi bukti bahwa gaya hidup anak muda pada masa sekarang ini sudah bergeser dan kembali kejaman dulu.

Rudiantara menilai, dalam perkembangan usaha secara umum pemerintah pusat sangat mendukung pelaku usaha kecil agar berkembang. Bahkan, untuk Kominfo sendiri telah meluncurkan program membagikan domain gratis untuk para pelaku usaha kecil dan mikro.

Pemberian domain ini, lanjut dia, dimaksudakan agar para pelaku usaha kecil mampu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk memperluas pemasaran. Terlebih, di era digital sekarang ini arus informasi sudah semakin luas perkembangannya.

Untuk itu, para pelaku usaha kecil, baik yang berkecimpung di bidang kopi atau pelaku usaha lainnya sebainya bisa memanfaatkan fasilita yang diberikan secara gratis ini. Sebab, harapannya bila perkembangan usaha kecil semakin maju maka otomatis penyerapan tenaga kerja juga akan ada.

’’ Semua jenis usaha kecil maupun mikro bisa memanfaatkan fasilitas ini dan ini sudah dikoordinaskan dengan Dinas Kominfo di daerah Kabupaten/Kota,”pungkas Rudiantara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan