Perjuangan Sertu Mohammad Waki Menyelamatkan Warga

Aksi Sertu Mohammad Waki menyelamatkan Sugeng, 55, warga Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, yang terseret derasnya banjir, menuai banyak apresiasi. Bukan kali ini saja Sertu Waki melakukan evakuasi.

MUHAMAD BUSTHOMI, Pasuruan

teriakan tersebut menarik perhatian Sertu Mohammad Waki. Teriakan panjang seorang lelaki yang meminta tolong. Waki tak tahu siapa yang berteriak saat itu. Hanya, dia menyadari ada seorang warga yang terseret arus setelah mendengar suara-suara keras beberapa warga yang kalang kabut mencari bantuan.

”Saya hanya mendengar teriakan, tapi tak melihat orang. Jadi, saya ikuti dari mana asal suara itu. Beberapa warga juga menunjuk ke arah orang yang terseret arus,” ungkap pria 41 tahun tersebut.

Secara spontan, Waki langsung berlari. Posisinya saat itu berada di lingkungan Rujak Gadung. Jaraknya beberapa ratus meter dari orang yang terseret arus di ruas jalan pantura Kraton, Pasuruan, tersebut.

Dengan susah payah Waki menerjang banjir yang sudah setinggi leher. Akhirnya dia berhasil mencapai Sugeng yang tersangkut di pohon pisang. Dengan bantuan tali tambang yang dibentangkan warga, Waki melawan derasnya arus sembari membawa Sugeng ke tempat aman. Dia bersyukur korban bisa selamat.

Sebagai babinsa di Mayangan, Pasuruan, Waki memang diharuskan hadir di hampir setiap peristiwa yang terjadi di masyarakat. Itu adalah salah satu fungsinya sebagai intelijen teritorial. Tak terkecuali saat meluapnya Sungai Welang yang mengakibatkan ribuan rumah tergenang hingga melumpuhkan jalur Pantura Kamis lalu (22/2).

Waki dan sejumlah anggota Koramil 0819/25 Gadingrejo terjun ke lokasi. Mereka membagi tugas ke berbagai titik. Saat itu Waki bertugas di wilayah Karangasem, Kelurahan Karangketug, Kecamatan Gadingrejo. Dia baru saja ikut dalam proses evakuasi sejumlah warga terdampak banjir.

Pria kelahiran Kabupaten Sampang, Madura, tersebut tak sendiri. Ada beberapa petugas dari kepolisian, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD), Palang Merah Indonesia (PMI), dan satpol PP setempat.

Sejak bertugas di Koramil 0819/25 Gadingrejo, Waki memang tak bisa jauh dari upaya penyelamatan korban bencana. Terutama banjir yang kerap melanda kawasan tersebut. Tercatat, beberapa kali Waki melakukan hal serupa.

Tinggalkan Balasan