Perbanyak dan Perkuat Kampung KB

BANDUNG – Agar program Keluarga Berencana semakin terintergransi Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) akan terus mewujudkan pembentukan kampung KB diberbagai daerah di Kabupaten Kota di Jawa Barat.

Plt Kepala BKKBN Sigit Priohutomo mengatakan Kampung KB sebagai wadah untuk program Pembangunan Keluarga, salah satunya untuk meningkatkan program kependudukan di antaranya peningkatan ikatan keluarga, pernikahan dini, putus sekolah sampai kematian ibu melahirkan.

Menurutnya, dalam tujuan program Kampung KB diutamakan untuk peningkatan kualitas hidup manusia salah satunya, yang diarahkan untuk peningkatan jenjang pendidikan lebih tinggi bagi perempuan.

“ Fakta dilapangan menunjukkan apabila perempuan putus sekolah dipastikan larinya kawin. Sehingga, dengan Kampung KB ini akan tumbuh kesadaran juga dalam bidang pendidikan,”jelas Sigi ketika ditemui kemarin (20/2)

Dia memaparkan, kampung KB memiliki korelasi dengan berbagai sektor dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat khususnya di daerah pedesaan dan pesisir pantai yang banyak memiliki angka kemiskinan.

Untuk mendukung hal tersebut, BKKBN mengharapkan keterlibatan semua stakeholder baik pusat maupun di daerah untuk bisa membuka akses pekerjaan disemua sektor industri bagi perempuan, karena perempuan yang bekerja akan menunda usia pernikahannya dan mempunyai anak.

“ Dengan penundaan usia pernikahan dan memiliki anak tersebut diharapkan kualitas anak atau generasi yang akan tumbuh akan lebih baik dan terhindar dari stunting, tetapi yang paling penting adalah membatasi atau menunda akan meningkatkan kualitas SDM-nya,” terangnya.

Dia menyebutkan, Kampung KB ini baru berjalan dua tahun jadi pencapaian baru mencapai sekitar 90 persen. Namun, pada 2018 diharapkan seluruh kecamatan di wilayah Indonesia sudah memiliki Kampung KB.

“Secara nasional baru sekitar 90 persen, ke depannya harus bisa 100 persen dengan meningkatkan jumlah pembentukan Kampung KB,” jelas dia

Untuk 2018 sasaran dan target Kampung KB ini terbentuk di daerah termiskin dengan dibantu lembaga lain untuk bersinergi masuk dalam program ini. Sehingga, Kampung KB ini menjadi pusat segala kegiatan pemerintah pusat antar lembaga dan kementerian yang erat kaitanya atau sama-sama mencari solusi atas permasalahan yang menjadi fokus kerja BKKBN.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan