Perbaikan Daftar Pemilih Belum Rampung

KARAWANG-Komisi Pemi­lihan Umum (KPU) Kabu­paten Karawang menyatakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) untuk tingkat kabupaten belum selesai dilakukan. Hingga saat ini seluruh Panitia Pemi­lihan Kecamatan (PPK) terus lakukan perekapan.

“Saat ini masih tahapan rekap DPTHP, perbaikan meliputi penghapusan data TMS (Tidak Memenuhi Syarat) dan memasukan pemilih yang belum terdaf­tar di Daftar Pemilih tetap (DPT) sebelumnya,” ujar Di­visi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Karawang, Ikhsan Indra Putra, Senin (12/11).

Dikatakan, sejauh ini data tersebut bertujuan untuk melakukan penyesuaikan sebelum datangnya pelak­sanaan pemilihan umum (Pemilu) pada tahun 2019 mendatang. “Datanya masih direkan-rekan PPK. PPK sejak kemarin sampai hari ini masih melakukan tahapan RAPAT Pleno Rekap DPTHP-1,” katanya.

Dijelaskan, fungsi dari adanya penyesuai data juga untuk menyesuaikan hak pemilih di Kabupaten Kara­wang. “DPTHP itu untuk menghapus data TMS dan memasukkan pemilih yang belum terdaftar,” katanta.

Sementara itu Ketua KPU Karawang, Miftah Farid me­nyampaikan, jika dari ha­sil sementara untuk data DPTHP. “Sebagian besar sudah dilaksanakan pleno rekapitulasi di PPK, untuk Pelono ditingkat Kabupaten Karawang akan dilaksanakan Selasa (13/11) untuk TMS itu biasanya berasal dari NIK invalid, pindah TPS, menin­ggal dunia,” katanya singkat. (use/din)

Tinggalkan Balasan